[SALAH] REKAMAN CCTV PENCULIKAN ANAK DIBIUS DAN DIMASUKKAN KARUNG DI BEKASI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut sudah beredar di berbagai platform media sosial sejak 2020 silam dan peristiwa tersebut bukan terjadi di Bekasi Utara.

====

[KATEGORI]: Konteks yang salah

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1675073964.57658/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]: Video kamera CCTV merekam penculikan anak maein sendirian dibius dan dimasukkan dlm karung terjadi di wisma asri bekasi berhati2lah yg punya anak jangan kasih maen jauh2 dan main diawasin.:open_mouth::astonished::face_with_peeking_eye::scream::fearful::speaking_head_in_silhouette::bust_in_silhouette:

====

[PENJELASSAN]:
Akun facebook bernama Chandra Nur Alam Yanuar pada tanggal 30 Januari 2023 membagikan sebuah video ke dalam grup facebook Video Indo Viral dengan narasi yang menyatakan bahwa telah terjadi penculikan anak dengan cara dibius dan dimasukkan dalam karung di Wisma Asri Bekasi.

Melansir detik.com, Kompol Arwan, selaku Kapolsek Bekasi Utara menyebut narasi dalam video tersebut tidak benar. Belum diketahui dimana dan kapan kejadian dalam video itu terjadi yang jelas bukan di Bekasi Utara. Arwan meminta warga untuk terlebih dahulu mengecek kebenarannya sebelum menyebarkan video itu.

Dikutip dari tempo.co, Kapolres Bekasi Kombes Polisi Hengki mengatakan, berdasarkan penyelidikan tim siber kepolisian, video tersebut sudah beredar di berbagai platform media sosial sejak 2020 silam. Video tersebut diduga muncul kembali bersamaan dengan maraknya isu penculikan belakangan ini.

Video tersebut identik dengan video yang diunggah oleh channel youtube resmi Tribun Timur dengan judul “VIDEO Detik-detik Penculikan Anak di Teras Rumah, Dibius dan Dimasukkan Karung” yang diunggah pada 16 Oktober 2020.

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa rekaman CCTV penculikan anak dengan cara dibius dan dimasukkan dalam karung di Wisma Asri Bekasi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konteks yang salah.

[REFERENSI]:
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6541752/heboh-anak-di-bekasi-dibius-dan-diculik-dalam-karung-polisi-hoaks

https://metro.tempo.co/read/1685488/beredar-video-penculikan-anak-dimasukkan-ke-dalam-karung-di-bekasi-polisi-pastikan-hoax