[SALAH] LAGA DEBUT CRISTIANO RONALDO DI AL-NASSR DISAKSIKAN HAMPIR 15 MILIAR MANUSIA DARI TAYANGAN TELEVISI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya jumlah penduduk dunia yang tercatat pada tahun 2022 hanyalah 8 miliar saja. Sehingga klaim 15 miliar penonton tersebut adalah hoax.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1674811856.363026/singlefile.html

====

[NARASI]: :rotating_light:Laga debut Cristiano Ronaldo di Al Nasr ketika melawan Ettifaq FC disaksikan hampir 15 miliar manusia dari tayangan televisi, jumlah ini jauh berkali kali lipat dari tayangan final piala dunia yang mendapat 2 miliar penonton, orang orang tau Cristiano Ronaldo adalah goat asli:goat:

====

[PENJELASAN]:
Akun twitter @Info_Ronaldo7 membagikan gambar yang menampilkan mega bintang Cristiano Ronaldo mengenakan jersey club barunya Al-Nassr. Dalam cuitan tersebut terdapat narasi yang menyatakan bahwa laga debut Cristiano Ronaldo di Al-Nassr ketika melawan Ettifaq FC disaksikan hampir 15 miliar manusia dari tayangan televisi, bahkan jumlah ini jauh dari jumlah penonton final piala dunia yang hanya mendapat 2 miliar penonton.

Setelah ditelusuri, terdapat data dari real time Worldometer, jumlah penduduk dunia yang tercatat pada tahun 2022 hanyalah 8 miliar penduduk saja.

Melansir kompas.com, jumlah penduduk dunia per Selasa, 15 November 2022 mencapai 8 miliar manusia, demikian proyeksi laporan berjudul Prospek Populasi Dunia 2022 yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa laga debut Cristiano Ronaldo disaksikan hampir 15 miliar manusia dari tayangan televisi tidak terbukti dan termasuk konten yang menyesatkan.

[Referensi]:
https://bola.okezone.com/read/2023/01/26/51/2753204/laga-debut-cristiano-ronaldo-bersama-al-nassr-disebut-disaksikan-15-miliar-penduduk-bumi-begini-fakta-sebenarnya

https://www.kompas.tv/article/348696/pbb-jumlah-penduduk-dunia-hari-ini-tembus-8-miliar

https://www.worldometers.info/world-population/