[SALAH] Foto Anak Korban Penculikan Yang Diambil Organ Tubuhnya di Depok

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Foto tersebut hoaks. Babinsa Depok telah mengonfirmasikan bahwa informasi tidak benar dan bukan berasal dari Babinsa Depok.

==========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

=========
[NARASI]

“Foto dr Babinsa Depok terlaot korban penculikan dan pembunuhan taget anak2 umur 3-5 thn. Korban diambil organ tubuhnya. korban anak warga depok pelaku sdh tertangkap 2hr lalu warga Cibinong laki n perermpuan. Korban lainnya 3 anak diambil organ jantung dan mata. Kita tetap waspada jaga anak cucu di rumah dan sekolahan. Info ini bukan hock. Langsung dr petugas Babinsa saat patroli di komplek rumah tadi malam”

Sumber: Whatsapp
https://archive.ph/PIHTl

===========
[PENJELASAN]

Beredar foto seorang anak yang diklaim sebagai korban penculikan dan pembunuhan yang diambil organ tubuhnya. Foto tersebut nampak begitu sadis. Penyebar foto mengklaim anak dalam foto berasal dari Depok. Ia juga menginfokan bahwa foto ini didapat dari Babinsa Depok yang saat itu tengah melakukan patroli.

Setelah ditelusuri, foto itu pernah beredar pada tahun 2018.

Dilansir dari artikel berjudul “Hoax! Viral Pesan WA Penculikan Anak dan Diambil Organ Tubuh” yang terbit di jawapos.com pada 24 Oktober 2018, Dandim 0508/Depok pada saat itu, Letkol. Inf. R . Iskandarmanto menyayangkan perilaku si pembuat kabar bohong.

Dirinya pun secara tegas mengklarifikasi bahwa kabar tersebut tidaklah benar. “Tidak benar, saya sudah cek tidak ada dan sudah dikonfirmasi ke Polres juga,” tegas Iskandar kepada JawaPos.com lewat pesan singkat, Rabu (24/10/2018).

Dengan demikian, foto anak yang diklaim korban penculikan dan pembunuhan yang diambil organ tubuhnya adalah hoaks kategori konten menyesatkan.

=========
[REFERENSI]