[SALAH] Kaesang Pangarep Tolak Tawaran Partai Demokrat

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah, dalam video tersebut tidak ada pernyataan dari Kaesang yang menolak tawaran partai Demokrat.

=====
KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====
NARASI:
“Taw4ran G4bung Ke Demokrat Di T0lak M3ntah², Respon Kaisang T3gas S3ntil Soal ini.!!”

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.fo/wip/NZajw

=====
PENJELASAN

Sebuah akun Facebook “Doa Ibu” memposting video dengan judul “Mengejutkan. !! Tolak tawaran besar, gabung ke demokrat respon Kaisang sangat bijak, sentil korupsi Era S-BY”.

Setelah video tersebut diselesaikan, sama sekali tidak terdapat pernyataan atau narasi dari Kaesang yang menolak tawaran partai Demokrat. Video berdurasi 10.18 itu hanya berisi gabungan potongan-potongan kegiatan Kaesang Pangarep serta beberapa video adalah potongan hasil wawancara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang sedang membicarakan ketertarikan Kaesang terjun ke dunia politik.

Dikutip dari Kompas.tv benar adanya bahwa Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron menyatakan, pihaknya akan membuka pintu ke Kaesang Pangarep bila ia ingin bergabung ke partai politik (parpol) bintang mercy tersebut. Ia menyebut keinginan terjun ke dunia politik sejatinya hak individu. Siapapun warga negara Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Kaesang Pangarep menolak tawaran Partai Demokrat adalah salah dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

=====
REFERENSI:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-kaesang-pangarep-tolak-mentah-mentah-tawaran-gabung-ke-partai-demokrat.html

https://www.kompas.tv/article/371755/partai-demokrat-buka-pintu-jika-kaesang-pangarep-ingin-bergabung