[SALAH]: Mengamuk dan Mengigit 5 Rekan Kerjanya, Seorang Buruh Pabrik di Depok Terpaksa Dikarantina

Informasi palsu dan judul berita merupakan hasil suntingan atau editan. Pada artikel asli milik CNNIndonesia ditemukan artikel berjudul “Pasien Suspect Corona Semarang Meninggal, Hasil Lab Negatif” yang terbit pada 26 Februari 2020.

======

KATEGORI: [SATIRE/PARODI]

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/FOQ0d)

======

[NARASI]:

“Di Depok nih ada aja kejadiannya:sob: :white_heart:”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter bernama convomfs mengunggah cuitan berupa tangkapan layar artikel dari media CNNIndonesia berjudul “Mengamuk dan Mengigit 5 Rekan Kerjanya, Seorang Buruh Pabrik di Depok Terpaksa Dikarantina”. Dalam gambar artikel tersebut terdapat seorang wanita yang tengah terbaring di tandu beserta petugas yang mengenakan pakaian APD lengkap.

Berdasarkan hasil penelusuran, tangkapan layar artikel yang mengatasnamakan CNNIndonesia tersebut telah disunting atau diedit.

Menggunakan mesin pencari gambar yandex, ditemukan artikel asli milik CNNIndonesia berjudul “Pasien Suspect Corona Semarang Meninggal, Hasil Lab Negatif”, yang terbit pada 26 Februari 2020.

Selain itu, penelusuran pada index pencarian berita di website CNNINdonesia pada tanggal dan jam yang tertera, tidak ditemukan artikel yang memuat judul “Mengamuk dan Mengigit 5 Rekan Kerjanya, Seorang Buruh Pabrik di Depok Terpaksa Dikarantina”.

======

REFERENSI:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200226114116-20-478253/pasien-suspect-corona-semarang-meninggal-hasil-lab-negatif