[SALAH] Rekaman terakhir tenggelamnya kapal Titanic

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video rekaman asli ketika terjadi peristiwa tenggelamnya kapal Titanic tersebut adalah tidak benar. Taylor Tituss penyebar video tersebut menyatakan bahwa itu adalah palsu dan hanya untuk bersenang-senang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==============
Kategori: Konten Palsu

Beredar sebuah unggahan video oleh akun TikTok “sp.historia” pada 25 Januari 2023. Video tersebut memperlihatkan suasana di dalam kapal yang akan tenggelam, video tersebut diklaim merupakan peristiwa tenggelamnya kapal Titanic yang diambil oleh fotografer Titanic Mr Joseph Davies. Video tersebut disertai dengan narasi sebagai berikut:

NARASI:
Rare footage detik2 tenggelamnya kapal Titanic yg berhasil dipulihkan dari kamera aslinya #sejarahdunia#sejarahduniayangdisembunyikan#misteridunia#konspirasiteori

Sumber: TikTok https://archive.cob.web.id/archive/1674650146.145488/singlefile.html Arsip
==============

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan rekaman asli ketika terjadi peristiwa tenggelamnya kapal Titanic. Titanic meninggalkan pelabuhan Southhampton, Inggris, untuk pelayaran perdananya melintasi Atlantik pada 10 April 1912.

Dilansir dari snopes.com, kamera video genggam tidak ada pada tahun 1912. Tentu, kamera pada tahun 1910 lebih mobile daripada dekade sebelumnya, tetapi museum kamera vintage The Living Image mencatat bahwa kamera pada era ini sebagian besar masih kayu, konstruksi lipat, berat dan tidak mudah dipindahkan. Ada sedikit cuplikan film asli Titanic baik sebelum dan sesudah bencana, tetapi memang ada.

Tim pemeriksa fakta Snopes ketika memeriksa akun Instagram yang terkait dengan profil TikTok, mengarahkan ke seseorang yang mungkin bernama Taylor Tituss , yang memiliki deskripsi di profil yang berbunyi, “Saya mengedit video untuk bersenang-senang.”

“Jadi, untuk memperjelas, video itu palsu,” kata Tituss kepada Snopes, menambahkan bahwa dia mengambil rekaman dari klip YouTube yang diposting ke platform pada Mei 2021.

Dengan demikian, video rekaman asli ketika terjadi peristiwa tenggelamnya kapal Titanic tersebut adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam konten palsu.

REFERENSI:
https://www.snopes.com/fact-check/authentic-video-of-titanic-sinking/
https://www.instagram.com/reel/CgdOZ_agrZi/?utm_source=ig_web_copy_link