[SALAH] Gempa Bumi Meratakan Wilayah Bengkulu dan Maluku

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim terjadinya gempa susulan di wilayah Bengkulu dan Maluku hingga mengakibatkan wilayahnya ludes tak tersisa adalah konten dengan kategori koneksi yang salah dikarenakan judul atau keterangan yang diberikan tidak sesuai dengan isi konten.

=========
[KATEGORI]
Koneksi yang Salah

==========
[PENJELASAN]

Rabu, 25 Januari 2023 sebuah akun facebook dengan nama Gost (https://www.facebook.com/profile.php?id=100082398851510) membagikan sebuah video dengan mengklaim bahwa telah terjadi gempa susulan di beberapa wilayah Indonesia, yakni Bengkulu dan Maluku hingga mengakibatkan wilayah tersebut ludes tak tersisa. Namun, dikutip dari idntimes.com (https://www.idntimes.com/) faktanya gempa susulan yang terjadi di Bengkulu dan Maluku tidak menimbulkan kerusakan fatal.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, potongan video-video yang ditampilkan di dalam video berdurasi 8 menit tersebut bukanlah video asli dari kejadian gempa di daerah Bengkulu maupun Maluku. Salah satunya ialah video yang diunggah oleh channel youtube than217 (https://www.youtube.com/@than217) yang merupakan cuplikan dari kejadian gempa bumi yang melanda California yang diunggah pada 7 Januari 2007 atau kurang lebih 16 tahun yang lalu.

Selain itu, narasi yang disampaikan oleh pengunggah video pun juga tidak menunjukkan korelasi dengan klaim yang disampaikan pada judul video. Pengunggah justru lebih menyampaikan terkait kronologi dan peristiwa gempa bumi susulan yang melanda Bengkulu Tengah pada hari Minggu (22/1/2023) serta Maluku pada hari Rabu (25/1/2023).

==========
[REFERENSI]
[1] https://www.idntimes.com/news/indonesia/irfanfathurohman/bmkg-gempa-magnitudo-57-guncang-maluku-tak-berpotensi-tsunami?page=all
[2] https://www.youtube.com/watch?v=FW-TkpvKPl0