[SALAH] “Video giveaway Jusuf Hamka melalui akun Facebook Yusuf HAMKA”

Akun palsu. Video yang digunakan akun Yusuf HAMKA ini adalah video ketika Jusuf Hamka sedang menghubungi orang yang ia bantu membayar hutang pada 5 Desember 2022. Di video yang diunggah di akun Instagram resmi milik Jusuf Hamka itu juga Jusuf Hamka menyatakan dia membantu khusus orang-orang yang benar-benar membutuhkan untuk biaya pendidikan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Yusuf HAMKA (fb.com/100088947167339) pada 17 Januari 2023 menunggah sebuah video yang memperlihatkan H. Mohammad Jusuf Hamka atau juga dikenal dengan nama Babah Alun yang terlihat sedang melakukan panggilan video dengan seseorang dengan narasi sebagai berikut:

“Susun kata dengan benar #jusufhamkaunofficial #husufhamkae #jusufhamkaberbagi #jusufhamkaofficial #jusufhamkasaid #semuaorangツ #jusufhamkarajatol #jusufhamkafyp #PercayaSemuaBisaDiAtur #bosjalantoljusufhamka #jusufhamka #sederhana #sederhanasaja #sederhanaituindah #sederhanakan #sederhanatapibahagia #percayaproses #fajarsadboy #kayamendadak #pengusaha #bisnisonline #masukberandafyp”

Di video tersebut terdapat narasi: “Yang bisa susun kata dibawah dengan benar saya TF 30 juta gratis tanda di undi !” dan “M,E,R,S,A,N,G,A”.

Sumber: archive.ph/3frXW (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Yusuf HAMKA yang mengunggah video giveaway dengan menggunakan video milik H. Mohammad Jusuf Hamka atau juga dikenal dengan nama Babah Alun yang merupakan seorang pengusaha merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Video yang digunakan akun Yusuf HAMKA ini adalah video ketika Jusuf Hamka sedang menghubungi orang yang ia bantu membayar hutang pada 5 Desember 2022. Di video yang diunggah di akun Instagram resmi milik Jusuf Hamka itu juga Jusuf Hamka menyatakan dia membantu khusus orang-orang yang benar-benar membutuhkan untuk biaya pendidikan.

Video asli dengan durasi lebih panjang diunggah di akun Instagram terverifikasi milik Jusuf Hamka (instagram.com/jusufhamka) pada 8 Desember 2022 dengan keterangan:

“5/12/22 ” RAYAKAN MILAD DNG BERBAGI KPD ANAK NELAYAN” pd hari MILAD, kita syukuri dng berbagi serta membahagiakan org lain, dan tdk boleh bahagia sendiri Babah Alun memanfaatkan MILAD nya utk membantu ananda Suci (Maaf nama Asli ybs disamarkan), Ananda Suci sdng dalam kesulitan ,krn hrs menggantikan biaya temannya ananda Suci kelahiran Kepulauan Riau, Kabupaten Karimun, Ayahnya seorg Nelayan yg sdh tdk aktif selama 1 tahun,dan ybs merantau kuliah di Malang, namun persis di hr MILAD BABAH ALUN,dia menghubungi dan menceritakan masalahnya..dimana dia hrs sgr melunasi uang yg dia hrs ganti kpd temannya dan stlh di verifikasi ternyata dia Jujur dan sesuai semua yg diceritakannya Maka kekurangan biaya tsb ditalangin dahulu oleh Babah Alun, dng catatan dia hrs membayar kembali, stlh dia lulus kuliah,dan mulai bekerja Dan kami memprioritaskan dia utk bekerja di Ktr Surabaya Smg Ananda bisa sgr Lulus dan bergabung di perusahaan kami Amin yra #persatuanindonesia#merajutkebhinnekaan

REFERENSI
https://www.instagram.com/jusufhamka/
https://id.wikipedia.org/wiki/Jusuf_Hamka

About Adi 1411 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo