[SALAH] Foto “Selebaran WASPADA!! Ada Penculikan Anak-anak yang berumur 1-12 tahun dari Polda Metro Jaya”

Hoaks lama beredar kembali. Selebaran sejenis sudah tersebar sejak tahun 2017 dan dinyatakan hoaks oleh pihak kepolisian.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Beredar sebuah selebaran yang berisi imbauan agar masyarakat mewaspadai penculik anak yang menyamar. Di selebaran ini terdapat logo Polda Metro Jaya dan logo Binmas Polri.

Selain itu terdapat narasi: ”WASPADA!! Ada Penculikan Anak-anak yang berumur 1-12 tahun Bapak-bapak/Ibu-ibu Harus Menjaga Anak Kita dengan hati-hati! Penculik sedang ada dalam kampung-kampung dan dia menyamar sebagai Penjual, Om Telolet, Orang Gila, Ibu Hamil, Pengemis, dll. TOLONG DISEBARKAN”

Sumber: Whatsapp (Arsip: archive.ph/4j1OP)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya selebaran berisi imbauan agar masyarakat mewaspadai penculik anak yang menyamar dengan menggunakan logo Polda Metro Jaya dan Binmas Polri merupakan konten tiruan.

Faktanya, selebaran ini merupakan hoaks lama beredar kembali. Selebaran sejenis sudah tersebar sejak tahun 2017 dan dinyatakan hoaks oleh pihak kepolisian.

Misalnya pada tahun 2017, dilansir dari artikel berjudul “Selebaran Berlogo Polda Jabar soal Waspada Penculik Anak” yang terbit di situs detik.com 8 Maret 2017, Kabid Humas Polda Jabar pada saat itu, Kombes (Pol) Yusri Yunus menyatakan bahwa Polda Jabar tidak pernah mengeluarkan selebaran seperti itu.

Lalu pada tahun 2019, dilansir dari artikel berjudul “[Fakta atau Hoaks] Benarkah Polda Metro Sebar Selebaran Penculik Anak yang Menyamar?” yang terbit di situs tempo.co pada 5 November 2019, hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo menunjukkan bahwa selebaran tersebut pernah dibantah oleh pihak kepolisian di sejumlah daerah, salah satunya Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo pada saat itu, Ajun Komisaris Besar Wahyu Tri Cahyono. Bantahan itu dimuat dalam berita di situs Republika pada 30 Oktober 2018.

“Kami sudah konfirmasi ke Polda Metro Jaya. Polri tidak pernah memberikan informasi-informasi yang meresahkan masyarakat seperti itu,” katanya.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-3441002/selebaran-berlogo-polda-jabar-soal-waspada-penculik-anak
https://cekfakta.tempo.co/fakta/461/fakta-atau-hoaks-benarkah-polda-metro-sebar-selebaran-penculik-anak-yang-menyamar
https://turnbackhoax.id/2020/10/02/salah-waspada-penculikan-anak-anak-berumur-1-12-tahun/
https://turnbackhoax.id/2018/10/29/salah-selebaran-waspada-penculikan-anak-berlogo-polda-jabar/
https://turnbackhoax.id/2018/08/20/salah-penculikan-anak-di-kusan-hilir-kabupaten-tanah-bumbu-kalimantan-selatan/
https://turnbackhoax.id/2017/03/07/hoax-selebaran-waspada-penculik-beredar-di-medsos/

About Adi Syafitrah 1572 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo