[SALAH] Gula Merah Lebih Sehat daripada Gula Pasir dan Gula Batu

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood Aldis Ruslialdi menjelaskan, gula merah maupun gula pasir kandungan kalorinya sama.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“PERBEDAAN GULA PASIR, GULA BATU DAN GULA MERAH
Gula adalah pemanis makanan yang banyak disukai orang, Penggunaan Gula biasanya dengan cara menambahkan pada makanan dan minuman,
jarang sekali orang yang mengkonsumsi gula secara langsung.
Di masyarakat ada 3 jenis gula yang dikenal yaitu Gula Pasir, Gula Batu dan Gula Merah.
Namun meskipun sama-sama manis rasanya, ternyata antara Gula Pasir, Gula Batu dan Gula Merah mempunyai Dampak yang Berbeda bagi tubuh, khususnya bagi Pangkreas
Dampak pengguanaan Gula terhadap pangkreas
[NARASI Lanjutan berada di REFERENSI]”

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1674460135.538734/singlefile.html

=====
PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan yang mengklaim gula merah atau gula jawa lebih sehat daripada gula pasir dan gula batu. Postingan tersebut juga menjelaskan masing masing karakteristik gula.

Dikutip dari artikel liputan6.com dengan judul “Cek Fakta Kesehatan: Gula Merah Lebih Sehat Ketimbang Gula Pasir?”. Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood Aldis Ruslialdi menjelaskan, gula merah maupun gula pasir kandungan kalorinya sama. Setiap satu sendok teh gula pasir dan gula merah mengandung 16 kalori, sedangkan gula merah 15 kalori. Kalori paling tinggi terdapat pada gula batu sebesar 25 kalori.

Dilansir dari merdeka.com berdasarkan data United States Department of Agriculture (USDA) perbandingan kalori gula per satu sendok teh di antaranya, gula pasir 16 kalori, gula batu 25 kalori, gula merah 15 kalori, gula halus 10 kalori, icing sugar 10 kalori, dan gula palma atau gula aren 10 kalori.

Mengutip Klikdokter.com kandungan zat besi dan kalsium pada gula merah sedikit lebih tinggi ketimbang gula putih. Jumlah mineral dalam gula merah tidak signifikan sehingga gula merah bukan sumber vitamin atau mineral utama yang baik. Gula merah juga mengandung kalori yang lebih sedikit daripada gula putih. Empat gram gula merah menyediakan 15 kalori, sementara gula putih dalam jumlah yang sama memiliki 16,3 kalori. Terlepas dari perbedaan kecil ini, kedua gula tersebut serupa secara nutrisi.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim gula merah lebih sehat daripada gula pasir dan gula batu adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://www.liputan6.com/health/read/4285415/cek-fakta-kesehatan-gula-merah-lebih-sehat-ketimbang-gula-pasir

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-gula-merah-diklaim-lebih-sehat-dibandingkan-gula-putih-simak-faktanya.html

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/mana-yang-lebih-sehat-gula-putih-atau-gula-merah

[NARASI Lanjutan]

GULA PASIR
Untuk mengubah Gula Pasir menjadi Gula darah ,Tubuh hanya Memerlukan Waktu 3 Menit ,Tetapi Untuk mengubah Gula darah Menjadi Energi yang dapat disimpan Dalam otot, Pangkreas memerlukan Waktu kira-kira 140 Menit ,Mengapa demikian?
Karena proses Pembuatan Gula Pasir yang di panaskan sampai dengan 400 Derajat Celcius.
Semakin Tinggi Proses Pemanasan Makanan, maka makanan akan Semakin Sulit Dicerna
Dalam Satu Hari, pangkreas yang normal Hanya Mampu Mengubah 5 gr (½ Sendok makan) Gula Pasir Menjadi Energi.
Bagaimana jika kita Mengkonsumsi Lebih dari ½ Sendok Makan Gula Pasir ?
Sisa Gula Pasir yang tidak bisa diproses oleh pankreas akan tertimbun Dalam Tubuh menjadi “Gula Darah dan LEMAK” ,dan menyebabkan resistensi insulin.
Jika sudah terjadi resistensi insulin maka lama-kelamaan Tubuh kita akan terkena Penyakit DIABETES
Jadi ,Mulai sekarang sebaiknya batasi mengkonsumsi gula pasir berlebih.
GULA BATU
Adalah Gula yang ber-Bentuk seperti Batu (bening/putih & mirip dengan es batu).
Proses Pembuatannya hampir sama dengan gula pasir, namun suhu yang diperlukan untuk memprosesnya “tidak setinggi” seperti pada gula pasir.
Dalam 1 Hari, Pankreas yang Normal mampu mengubah 60 gr (sekitar 6 Sdm) Gula Batu menjadi Energi.
Dengan Demikian Gula Batu tergolong Lebih Sehat Dibanding Gula Pasir.
GULA MERAH
Dikenal juga dengan nama Gula jawa ,Adalah Gula yang Dibuat Dari Bunga pohon Kelapa (ada juga gula Aren dari bunga pohon aren).
Gula jawa biasanya lebih Sering digunakan Untuk Bumbu Dapur.
Dalam 1 Hari, Pankreas yang Normal/ Sehat Mampu mengubah 90 gr (sekitar 9 Sendok makan) Gula Merah menjadi energi.
Jadi Jika Dibandingkan kedua jenis gula tadi, Gula merah adalah jenis Gula yang Paling Sehat dibanding Gula Pasir dan Gula Batu.
Agar pangkreas Anda tidak kelelahanan dan tetap Sehat Sebaiknya kita mengurangi konsumsi Gula, baik itu Gula Merah, Gula Batu, terlebih lagi Gula Pasir.
Pangkreas mempunyai Batas Kemampuan Untuk Mengubah Gula menjadi Energi ,Dan bila Pangkreas Sudah tidak mampu Melaksanakan Fungsinya Maka Tubuh akan Dapat Terkena Penyakit Diabetes.
Penulis: Dr Affifah”