[SALAH] PDIP usung Megawati di pilpres 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Dalam isi video tersebut tidak ada konfirmasi yang mengatakan bahwa PDI Perjuangan sepakat mengusung Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden untuk melawan Anies Baswedan di Pilpres 2024, seperti yang tertera pada judul.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE 

https://archive.cob.web.id/archive/1674234958.323687/singlefile.html

===========

[NARASI]: “Ganjar nangis dipojokan:bangbang:PDIP sepakat usung Megawati bukan lawan sepadan untuk Anies di Pilpres 2024”

===========

[PENJELASAN]: Semakin dekat dengan tahun 2024 maka artinya semakin merebak juga pemberitaan yang menyinggung mengenai pemilihan presiden yang akan diselenggarakan 2024 nanti. Salah satu berita mengenai pilpres datang dari sebuah akun Youtube bernama KABAR PENA, yang pada 9 Januari 2023 lalu mengunggah video berjudul “Ganjar nangis dipojokan:bangbang:PDIP sepakat usung Megawati bukan lawan sepadan untuk Anies di Pilpres 2024”.

Video tersebut berisi cuplikan-cuplikan video dan foto yang diulang-ulang dengan diiringi narasi yang mana setelah ditelusuri, ternyata yang disampaikan oleh narator dalam video tersebut merupakan informasi yang sama dengan yang ada dalam artikel milik media online wartaekonomi.co.id yang berjudul, “Jelang Pilpres 2024, Megawati Diminta Turun Gunung, Ternyata Alasannya…”

Setelah lanjut ditelusuri ternyata tidak ada kalimat yang mengatakan bahwa PDIP sepakat mengusung Megawati. sehingga dapat disimpulkan bahwa isi videonya berbeda dengan apa yang tertera pada judul video.

===========

 [REFERENSI] :

https://wartaekonomi.co.id/read472007/jelang-pilpres-2024-megawati-diminta-turun-gunung-ternyata-alasannya