[SALAH] Video Hakim Wahyu Diseret Paksa Keluar Sidang

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video hakim Wahyu diseret dari sidang tidak benar. Faktanya video tersebut cuplikan dari suasana ricuh sidang Rizieq Shihab serta video ricuh sidang kasus Doni Salmanan.

========
[KATAGORI]

Konten Menyesatkan

=======
[NARASI]

“P3rs3k0ngk0l4n J4h4t T3r3ndvs Akh1rnya H4k1m Wahyu D1s3r3t P4ks4 D4r1 Ru4ng S1d4ng”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673643709.028033/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video di Facebook dengan klaim Hakim perkara pembunuhan Brigadir J, Wahyu Imam Santoso diseret paksa keluar dari persidangan. Video tersebut menunjukkan suasana ricuh di dalam ruang sidang. Faktanya, kericuhan dalam video bukan hakim Wahyu diseret paksa dari ruang sidang.

Setelah ditelusuri terdapat dua cuplikan video dari sumber yang berbeda kemudian digabung menjadi satu. Video di menit awal adalah suasana ricuh saat sidang kasus Rizieq Shihab pada Maret 2021 lalu. Kericuhan terjadi antara kuasa hukum Rizieq Shihab dan Hakim persidangan. Sedangkan cuplikan video yang kedua adalah video ricuh persidangan kasus penipuan investasi oleh Youtuber Doni Salmanan.

Tidak ditemukan bukti video hakim Wahyu diseret dari ruang sidang. Justru, narasi dalam video mengutip dari Tribunnews.com yang menjelaskan beredarnya video Hakim Wahyu tengah berbincang dengan seorang wanita membahas vonis akhir yang akan dijatuhkan ke Ferdy Sambo yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, video dengan klaim Hakim Wahyu Imam Santoso diseret dari ruang sidang adalah hoaks kategori konten menyesatkan.

=========
[REFERENSI]

https://youtu.be/m4DR-GLL9cw
https://www.youtube.com/watch?v=TRgsZBLmRz8
https://www.youtube.com/watch?v=Xf-SYpUY4K8