[SALAH] Modus baru penyelundupan Narkoba Pake Kelapa muda (Dugan) Tangkorak China utk hancurkan GENERASI INDONESIA

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, penyelundupan tersebut terjadi di Sonora, Meksiko.

=====
KATEGORI: Konteks yang Salah

=====
NARASI:
“Modus baru penyelundupan Narkoba Pake Kelapa muda (Dugan) Tangkorak China utk hancurkan GENERASI INDONESIA

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673859761.67162/singlefile.html

=====
PENJELASAN:

Beredar melalui facebook sebuah video yang menampilkan ribuan kelapa berisi obat terlarang. Video tersebut juga diberikan narasi “Modus baru penyelundupan Narkoba Pake Kelapa muda (Dugan) Tangkorak China utk hancurkan GENERASI INDONESIA“.

Setelah ditelusuri, ditemukan video identik yang diunggah oleh akun twitter resmi dari Kejaksaan Agung Meksiko @FGR Mexico pada 2 Desember 2022. Dalam cuitan tersebut dijelaskan bahwa Agensi Investigasi Kriminal (AIC) menyita di Sonora sekitar 300 kilogram zat dengan karakteristik fentanil, di dalam truk yang mengangkut kelapa.

Dikutip dari artikel website Kejaksaan Agung Meksiko, penangkapan dilakukan di jalan tol 26, Puerto Libertad. Pihaknya juga menangkap dua orang yang membawa truk kelapa tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Modus baru penyelundupan Narkoba Pake Kelapa muda (Dugan) Tangkorak China utk hancurkan GENERASI INDONESIA adalah salah dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

=====
REFERENSI:

https://www.gob.mx/fgr/prensa/comunicado-fgr-579-22-fgr-asegura-aproximadamente-300-kilos-de-una-sustancia-con-caracteristicas-propias-del-fentanilo