[SALAH] Arti Coronavirus dalam Bahasa Latin adalah Serangan Jantung

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah, Google menjelaskan bahwa sejumlah konten mungkin tidak diterjemahkan dengan akurat karena batasan terjemahan perangkat lunak.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“Real meaning of Corona Virus in Latin…”

=====
SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1673953876.415717/singlefile.html

=====
PENJELASAN:

Sebuah akun twitter memposting cuitan yang dengan narasi “Real meaning of Corona Virus in Latin…”. Cuitan tersebut juga disertai video yang mempraktikkan pencarian arti coronavirus di Google Translate dalam bahasa latin dan menunjukkan arti heart attack virus.

Dikutip dari Kompas.com, mengenai hasil terjemahan, Google telah membuat disclaimer bahwa pihaknya tidak menjamin segala hasil terjemahan, baik tersurat maupun tersirat.

Penting diketahui bahwa penggunaan spasi yang berbeda pada Google, akan berpengaruh pada hasil terjemahan. Diketahui bahwa hasil terjemahan Google dari bahasa Inggris ke bahasa Latin untuk corona virus dengan spasi yang benar adalah “coronavirus”.

Melansir dari merriam-webster.com “cor” dalam bahasa latin berarti hati, kata itu berkembang menjadi “cordial” yang berkaitan dengan masalah hati, dan “coronary” yang berkaitan dengan kondisi jantung.

wsj.com pernah membuat artikel dengan judul “‘Virus’: The Spread of a Latin Term for Poison” yang dalam bahasa Indonesia berarti “‘Virus’: Penyebaran Istilah Latin untuk Racun” pada 2020. Selama masa Pandemi Covid-19, banyak disinformasi yang muncul dari arti kata tersebut antara lain dikaitkan dengan kematian mendadak, hingga rahasia besar di balik pandemi Covid-19.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim coronavirus dalam bahasa latin berarti serangan jantung adalah salah, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/13/175900782/-hoaks-arti-virus-corona-adalah-virus-serangan-jantung?page=3

https://www.merriam-webster.com/words-at-play/cordial-coronary-heart-word-origin

https://www.wsj.com/articles/virus-the-spread-of-a-latin-term-for-poison-11582305835