[SALAH] Armada Tempur Australia Terobos Laut NKRI Januari 2023

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

BUKAN pada Januari 2023. Faktanya, apa yang disampaikan dalam narasi tersebut adalah kejadian 9 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada 7 Januari 2014 di mana kapal perang Australia masuk ke perairan Indonesia tanpa izin dan membawa 45 imigran gelap.

=========
[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

========
[NARASI]
“Indonesia Dalam Masalah Besar!!! Armada Tempur Australia Tiba2 Terobos Laut NKRI Lakukan Ini”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673422510.984332/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Konflik antara Indonesia dan Australia memang masih terus bergulir sejak adanya konflik perebutan Pulau Pasir. Hal ini semakin dihebohkan dengan video unggahan akun facebook Cerita Artis pada 3 Januari 2023 yang mengklaim bahwa sejumlah kapal milik Australia kembali masuk tanpa izin ke laut NKRI.

Dalam narasi yang disampaikan pada video, ditegaskan bahwa para tentara Australia datang untuk memancing emosi dari masyarakat Indonesia dengan membawa senjata lengkap. Tak hanya itu, bahkan menurut pengakuan terdapat beberapa wartawan yang ditahan selama 1,5 hari di perbatasan Indonesia-Australia hingga disiksa oleh para marinir Austalia dengan tak diberi makan dan dibawa ke ruang mesin kemudian dipaksa menyentuh knalpot kapal hingga mengakibatkan luka bakar.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata apa yang disampaikan di dalam video berdurasi 10 menit tersebut tidaklah benar. Faktanya, apa yang disampaikan dalam narasi tersebut adalah kejadian 9 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada 7 Januari 2014 di mana kapal perang Australia masuk ke perairan Indonesia tanpa izin dan membawa 45 imigran gelap. Sehingga, narasi adanya penyiksaan terhadap wartawan Indonesia tidaklah benar sebab sesuai yang disampaikan pada beritasatu.com (https://www.beritasatu.com/) penyiksaan yang dilakukan oleh mariner Australia ialah kepada 45 imigran gelap tersebut.

Tak hanya itu saja, di awal video yang diunggah oleh akun Cerita Artis tersebut, terdapat penggalan video dari Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan Indonesia yang memberikan komentar terhadap peristiwa masuknya armada tempur Australia ke laut Indonesia dengan berbahasa Inggris. Padahal ketika diamati dengan seksama, caption yang diberikan tidaklah sesuai dengan apa yang diucapkan oleh Prabowo Subianto.

==========
[REFERENSI]
https://www.beritasatu.com/news/159130/kapal-perang-australia-masuk-ke-perairan-indonesia-tanpa-izin