[SALAH] Video Rusia yang Mengakui Indonesia sebagai Negara Kekuatan Militer Terbesar

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Rusia mengakui Indonesia sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, unggahan tersebut hanya berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

====

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi


====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1673411560.348424/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]: “Sedang heboh !! Rusi4 akui Indonesi4 jadi negara kekuatan militer terbesar namun…”

Unggahan Facebook yang mengklaim bahwa Rusia mengakui Indonesia sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar.

====

[PENJELASAN]:

Akun Facebook Mawar Hitam (https://web.facebook.com/MawarHitam0) pada 6 Januari 2023 mengunggah sebuah video yang tidak memiliki keterkaitan antara judul dengan isi konten. Dalam video dinarasikan bahwa sejak kemerdekaan, negara Indonesia telah diperebutkan oleh Amerika dan Rusia. Amerika menyatakan bahwa akan ada efek domino komunis apabila Indonesia terpengaruh oleh Rusia. Di sisi lain, Rusia meyakini jika Indonesia akan menjadi negara besar di masa depan.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata unggahan tersebut hanya berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan, sehingga terdapat ketidaksesuaian antara narasi dengan judul yang diunggah.

Faktanya, beberapa video yang ditampilkan pada unggahan tersebut berasal dari unggahan channel YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI (https://www.youtube.com/@kementeriansekretariatnega361). Dalam video asli milik Kementerian Sekretariat RI, ditampilkan berita mengenai Presiden Joko Widodo yang melakukan kunjungan kerja ke Sochi, Federasi Rusia. Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan presiden Rusia, Vladimir Putin, pada 18 Mei 2016 guna membahas kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Rusia.

Video asli milik Kementerian Sekretariat Negara RI.

Dikutip dari sumber yang sama, dalam pertemuan empat mata tersebut Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas pandangan Presiden Putin yang sangat konstruktif terhadap kelapa sawit. Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan maksud Indonesia untuk membeli properti di Moskow guna dijadikan sebagai Gedung Kedutaan Besar Indonesia dan Wisma Duta Besar di Moskow. Berdasarkan sumber tersebut, tidak ditemukan adanya pengakuan Rusia mengenai Indonesia sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar.

====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=FeNmBaWi9Xg&t=15s