[SALAH] Akibat Sumur Resapan Amblas, Sebuah Mobil Terperosok

Informasi menyesatkan. Lubang dalam video yang menyebabkan sebuah mobil terperosok itu bukanlah akibat sumur resapan melainkan fenomena sinkhole. Sementara itu lokasi kejadian bukan di indonesia tetapi di Brazil pada 2019 lalu.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/AUMqA)

======

[NARASI]:

“Bahaya sumur resapan 😱😱🤭”

======

[PENJELASAN]:

Akun Twitter bernama firzahusainInc mengunggah video yang memperlihatkan sebuah mobil yang terperosok akibat sebuah lubang di jalan raya yang tiba-tiba muncul setelah dilewati oleh sebuah truk. Dalam unggahannya, akun tersebut mengklaim bahwa lubang tersebut merupakan akibat dari sumur resapan.

Berdasarkan penelusuran, informasi tersebut adalah menyesatkan. Lubang yang muncul secara tiba-tiba di tengah jalan raya dan menyebabkan sebuah mobil terperosok itu merupakan fenomena sinkhole.

Sinkhole adalah lubang di tanah yang disebabkan oleh erosi dan drainase air. Penyebab sinkhole bisa muncul adalah karena adanya medan karst yang merupakan area di mana batuan dasar seperti batu kapur atau gipsum terlarut dengan air bawah tanah. Lantaran minimnya kandungan asam dalam air, fitur batuan tersebut menyerap karbon dioksida di udara, kemudian batuan dasar membentuk jalur atau saluran di dalam batu.

Batuan dasar yang jalurnya terbuka secara bertahap menjadi aus, dan seiring berjalannya waktu retakan terjadi secara alami. Semakin terkikis, maka dapat menyebabkan tanah ambles dan sinkhole pun terbentuk.

Sementara itu berdasarkan penelusuran video tersebut, dilansir dari internethaber.com, kejadian itu bukanlah di Indonesia melainkan di Brazil dan tidak ada sangkut pautnya dengan sumur resapan seperti pada klaim.

======

REFERENSI:

https://www.internethaber.com/kamyon-yolu-cokertti-arkadan-gelen-otomobil-cukura-boyle-dustu-video-galerisi-2065012-yorumlari.htm

https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/12/200200923/bagaimana-fenomena-sinkhole-bisa-terjadi-ini-penjelasannya?page=all