[SALAH] Berita TASS Rusia: “The United States reported that Kyiv supplied white phosphorus used in Karabakh to Baku”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang mendukung klaim tersebut, dan Ukraina telah meratifikasi konvensi internasional tentang pelarangan penggunaan senjata kimia (International Convention on the Prohibition of Chemical Weapons) pada 1998.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Artikel TASS
https://archive.ph/r1yg5

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Amerika Serikat melaporkan bahwa Kyiv memasok fosfor putih yang digunakan di Karabakh ke Baku”.

“Ukraina memasok Azerbaijan dengan amunisi fosfor putih, yang digunakan selama sangketa di Nagorno-Karabakh pada tahun 2020. Pernyataan ini disampaikan pada hari Rabu oleh Ketua Komite Urusan Luar Negeri Senat Kongress AS, Robert Menendez dari partai Demokrat, negara bagian New Jersey”.

=====

Penjelasan:
Sebuah media Rusia bernama TASS menerbitkan berita yang berjudul “Amerika Serikat melaporkan bahwa Kyiv memasok fosfor putih yang digunakan di Karabakh ke Baku” dan menulis klaim bahwa pernyataan tersebut dibuat oleh Senat Kongress AS negara bagian New Jersey, Robert Menendez pada November lalu.

Berita tersebut ditulis pada 16 November 2022, dan telah dibagikan beberapa kali di berbagai platform media sosial.

Berdasasrkan hasil penelusuran, berita tersebut menyesatkan. Robert Menendez memang memberikan pernyataan tersebut saat sidang peninjauan kebijakan AS November lalu, namun tidak menyertakan bukti konkrit yang mendukung klaimnya.

Terlebih lagi, Ukraina telah meratifikasi konvensi internasional tentang pelarangan penggunaan senjata kimia (International Convention on the Prohibition of Chemical Weapons) pada 1998.

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh stopfake.org dengan judul “Fake: Ukraine Supplied Azerbaijan with Phosphorus Weapons”.

Dengan demikian, berita yang ditulis media Rusia TASS berjudul “The United States reported that Kyiv supplied white phosphorus used in Karabakh to Baku” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=TTFIxJznsOc&t=1175s


https://www.armscontrol.org/factsheets/cwcsig


https://www.stopfake.org/en/strong-fake-ukraine-supplied-azerbaijan-with-phosphorus-weapons-strong/