[SALAH] Pulau Pasir Mencekam, Australia Bombardir Nelayan NTT

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang Dimanipulasi. Konten video yang diunggah merupakan hasil editan berupa kumpulan cuplikan layar dari video pesawat perang, kapal yang diledakkan, dan pertemuan Internasional pemerintah disertai dengan narasi yang tidak ada kaitannya dengan Pulau Pasir.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1671004786.507417/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“PULAU PASIR MENCEKAM, AUSTRALIA BOMBARDIR NELAYAN NTT”
“SIAGAKAN SERANGAN RI DAN RUSIA, AMERIKA SERIKAT KERAHKAN PEMBOM KE AUSTRALIA”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Tiktok tri_matra88 mengunggah video kumpulan foto pesawat tempur, pengeboman kapal dan pertemuan Internasional pemerintah disertai dengan teks pada gambar yang berisi narasi: “PULAU PASIR MENCEKAM, AUSTRALIA BOMBARDIR NELAYAN NTT” dan “SIAGAKAN SERANGAN RI DAN RUSIA, AMERIKA SERIKAT KERAHKAN PEMBOM KE AUSTRALIA.

Video dengan narasi Australia Tembaki Nelayan NTT juga pernah diunggah pada sebuah akun Youtube yang telah ditelusuri oleh Tempo. Hasil verifikasi Tempo dalam artikel yang berjudul “Keliru, Video Australia Tembaki Nelayan NTT pada 2022” menunjukkan bahwa kolase video tersebut bukan tentang peristiwa Australia menembaki nelayan Nusa Tenggara Timur (NTT). Potongan video yang menampakkan perahu-perahu terbakar itu terjadi di luar wilayah Indonesia.

Video lain dengan klaim bahwa pesawat tempur Amerika membantu Australia menguasai Pulau Pasir juga pernah diunggah oleh sebuah akun Youtube. Pesawat Tempur yang ada dalam video bukan merupakan pesawat tempur dari Amerika yang digunakan untuk membantu Austraia menguasai Pulau Pasir, melainkan mendukung pengerahan Satuan Tugas Pembom Angkatan Udara Pasifik sebagai bagian dari inisiatif Enhanced Air Cooperation (EAC).

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa konten video yang diunggah tersebut merupakan hasil editan. Video berasal dari kumpulan cuplikan layar berbagai video pesawat perang, kapal yang diledakkan dan pertemuan Internasional pemerintah yang disertai dengan narasi yang tidak sesuai dan tidak ada kaitannya dengan Pulau Pasir.

= = = = =

Referensi :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2014/keliru-video-australia-tembaki-nelayan-ntt-pada-2022
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2040/keliru-video-pesawat-tempur-amerika-serikat-untuk-bantu-australia-kuasai-pulau-pasir
https://sains.sindonews.com/read/845865/768/citra-satelit-as-siagakan-20-persen-pesawat-pengebom-siluman-b-2-di-australia-1659575312