[SALAH] Tidak Boleh Keluar Rumah Pada Tanggal 21 Desember 2022

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani. Informasi menyesatkan. Pada tanggal 21 Desember 2022 akan terjadi fenomena solstis yaitu posisi matahari berada paling selatan ekuator langit. Hal ini menandakan awal musim dingin atau awal musim panas. Fenomena solstis tidak berbahaya bagi manusia.

=======

[KATEGORI]

Konten yang menyesatkan

=======

[NARASI]

“tanggal 21 Desember sudah didepan mata…penduduk dihimbau tidak boleh keluar rumah, apa yang sebenernya akan terjadi? “

Sumber : Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1671460856.84811/singlefile.html

========

[PENJELASAN]

Banyak ditemukan video di Tiktok yang mengklaim bahwa akan terjadi fenomena alam berbahaya pada tanggal 21 Desember 2022. Salah satunya akun @idaaryani yang menuliskan keterangan pada videonya agar tidak boleh keluar rumah pada tanggal tersebut. Faktanya, fenomena yang akan terjadi tanggal 21 Desember tidak berbahaya untuk manusia.

Dilansir dari kompas.com fenomena ini bernama soltis, peristiwa astronomi ketika posisi matahari berada pada paling selatan ekuator langit. Fenomena ini terjadi setiap dua kali setahun, pada bulan Juli dan Desember. fenomena sosltis membuat terbitnya matahari dari tenggara sementara tenggelam di arah barat daya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menjelaskan bahwa fenomena ini tidak berbahaya. Bencana gempa, gunung meletus hingga tanah longsor tidak ada kaitannya dengan fenomena sosltis. Dampak dari fenomena ini pada panjang siang dan panjang malam, hingga pergantian musim. Tidak ada dampak yang berbahaya untuk manusia.

========

[REFERENSI]

https://www.google.com/amp/s/news.detik.com/berita/d-6468266/ada-apa-dengan-tanggal-21-desember-2022-yuk-simak-soal-fenomena-solstis/amp

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2022/12/16/163000465/apa-itu-fenomena-solstis-21-desember-penyebabnya-dan-dampaknya

https://www.instagram.com/p/CmOsUKfprry/?igshid=N2ZiY2E3YmU=