[SALAH] Menkominfo Johny G Plate Dipecat

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten dengan klaim Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dipecat oleh Presiden Joko Widodo adalah informasi yang salah. Faktanya, dalam video tersebut hanya menginformasikan keikutsertaan Johnny dalam kampanye Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1671350743.680962/singlefile.html (Facebook)

=====

[NARASI]: Uang Dan Fasilitas Negara Habis Di Pakai Untuk Kampanyekan Anies, Pak Jokowi Segera Pecat Menkominfo

=====

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Indah membagikan video dengan klaim Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dipecat oleh Presiden Joko Widodo. Johnny disebut menyalahgunakan uang dan fasilitas negara dalam kampanye Anies Baswedan.

Setelah ditonton hingga selesai, dalam video tersebut hanya menyebutkan Johnny ikut serta dalam kampanye Anies yang dilakukan di Papua. Namun tidak disebutkan bahwa Johnny dipecat dari jabatan Menkominfo.

Melansir Kompas.com, isi video tersebut merupakan kumpulan dari berbagai cuplikan video lain yang sebelumnya pernah diunggah di berbagai sumber. Salah satunya adalah cuplikan video saat Johnny diwawancara mengenai reshuffle Kabinet Indonesia Maju di kanal Youtube Asumsi.

Hingga saat ini Johnny masih tercatat sebagai Menkominfo di Kabinet Indonesia Maju, seperti yang tertulis di laman presidenri.go.id.

=====

[REFERENSI]:
– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/16/121944582/hoaks-menkominfo-johnny-g-plate-dipecat-oleh-presiden-jokowi?page=all#page3.
– https://www.youtube.com/watch?v=3zFUY-V7paE&ab_channel=Asumsi
– https://www.presidenri.go.id/kabinet-indonesia-maju/