[SALAH] Pernyataan CEO Pfizer: “Saya Mengundurkan Diri dan Vaksin mRNA Belum Terbukti Aman”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. CEO Pfizer, Albert Bourla, tidak pernah menyatakan akan mengundurkan diri, dan pada video lengkap terlihat Albert Bourla menyatakan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna terbukti aman.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/imqC7

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1601460040170364929/pu/vid/480×256/1gBtykkugbly3W9Q.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“CEO Pfizer, Albert Burla, mengundurkan diri dan sekarang mengatakan teknologi mRNA tidak cukup terbukti ketika mereka diluncurkan”.

“Dia bilang mereka meyakininya, tapi dia sendiri tidak yakin. Dia mengakui bahwa itu tidak aman”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ronin19217435 mengunggah cuitan dan video yang memperlihatkan CEO Pfizer, Albert Bourla, sedang menjalani wawancara online dengan Washington Post. @ronin19217435 juga menulis klaim bahwa Albert Bourla menyatakan akan mengundurkan diri dan mengakui bahwa vaksin mRNA tidak aman.

Cuitan dan video yang diunggah pada 10 Desember tersebut telah disukai hampir 16,000 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 13,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video dan teks lengkap wawancara Albert Bourla dengan Washington Post dapat dilihat di laman resmi Washington Post. Pada video dan teks lengkap wawancara tersebut, dapat dilihat bahwa Albert Bourla menyatakan vaksin mRNA, yang bekerja sama dengan BioNTech, telah terbukti aman. Ungkapan Albert Bourla tertulis sebagai berikut:

“They felt that the two years of work on mRNA since 2018 together with BioNTech to develop the flu vaccine made them believe that the technology is mature and we are at the cusp of delivering a product”.

Albert Bourla juga tidak mengumumkan bawa dia akan mundur dari jabatannya sebagai CEO Pfizer. Hingga Desember 2022, Albert Bourla masih resmi menjabat sebagai CEO perusahaan tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @ronin19217435 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.washingtonpost.com/washington-post-live/2022/03/10/transcript-wp-subscriber-exclusive-albert-bourla-author-moonshot-inside-pfizers-nine-month-race-make-impossible-possible/