[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Ma’ruf Amin kutuk bom bunuh diri di Bandung ini jaringan pesantren”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Liputan6.com berjudul “Wapres Maโ€™ruf Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung: Cederai Kemanusiaan dan Agama”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1670971013.474852/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Ma’ruf Amin kutuk bom bunuh diri di Bandung ini jaringan pesantren”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Om Joy (https://web.facebook.com/profile.php?id=100056101973867) pada 8 Desember 2022 pukul 06.43 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel. Artikel tersebut berjudul “Ma’ruf Amin kutuk bom bunuh diri di Bandung ini jaringan pesantren”.

Setelah ditelusuri melalui keterangan nama penulis yaitu Delvira Hutabarat pada google muncul beberapa artikel pada website Liputan6.com. Kemudian penelusuran menggunakan indeks pada website Liputan6.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 07 Desember 2022 pukul 19.13 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Wapres Maโ€™ruf Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung: Cederai Kemanusiaan dan Agama”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel di Facebook telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Wapres Maโ€™ruf Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung: Cederai Kemanusiaan dan Agama” sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/news/read/5147489/wapres-maruf-kutuk-bom-bunuh-diri-bandung-cederai-kemanusiaan-dan-agama

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian