[SALAH] Virus Covid-19 Sengaja Dikembangkan dan Ditingkatkan Kemampuannya

Hasil periksa fakta Putri Lestari

Konten yang menyesatkan. Virus Covid-19 dapat bermutasi untuk bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya terutama terhadap manusia sebagai inangnya. Tidak ada bukti yang valid bahwa virus Covid-19 sengaja diciptakan atau disebarluaskan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Menyesatkan

= = = = =

Sumber : Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1669704361.663332/singlefile.html

= = = = =

Narasi :

“Maret herd imunity, juni virusnya upgrade, secerdas2nya virus nggak mungkin bermutasi sampe sejauh ini, kecuali.. Memang sengaja dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya oleh seseorang, itu cuma satu2nya alasan paling masuk akal kenapa virus baru terus muncul”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Twitter Vermilia (@Vermilo1) mengunggah gambar tangkapan layar dua artikel dari CNN dan Kompas.com┬ádisertai dengan narasi : “Maret herd imunity, juni virusnya upgrade, secerdas2nya virus nggak mungkin bermutasi sampe sejauh ini, kecuali.. Memang sengaja dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya oleh seseorang, itu cuma satu2nya alasan paling masuk akal kenapa virus baru terus muncul”.

Kedua potongan gambar yang diunggah tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan. Berdasarkan artikel yang diunggah oleh CNN Indonesia yang mengulas mengenai “Kenapa Varian dan Subvarian Baru Virus Corona Terus Muncul?”, dokter dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Adria Rusli mengatakan, varian-varian tersebut muncul karena sifat virus yang memiliki keinginan untuk bertahan hidup. Virus-virus ini mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan, terutama dengan manusia sebagai inangnya.

Dilansir dari artikel lain dari merdeka.com yang berjudul “CEK FAKTA: Tidak Benar Covid-19 Sengaja Diciptakan Agar Masyarakat Mau Divaksin” yang tayang pada 5 Maret 2021, menerangkan bahwa tidak ada bukti virus corona diciptakan, atau dengan sengaja disebarkan, sebagai tipu muslihat yang mengarah pada vaksinasi yang meluas.

Berdasarkan hasil penelusuran, pernyataan bahwa virus Covid-19 tidak mengalami mutasi kecuali memang sengaja dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya oleh seseorang adalah narasi yang salah. Virus Covid-19 dapat bermutasi untuk bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya terutama terhadap manusia sebagai inangnya. Tidak ada bukti yang valid bahwa virus Covid-19 sengaja diciptakan atau disebarluaskan.

= = = = =

Referensi :
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220614100657-255-808666/kenapa-varian-dan-subvarian-baru-virus-corona-terus-muncul
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-covid-19-sengaja-diciptakan-agar-masyarakat-mau-divaksin.html