[SALAH] Informasi Jaringan Internet Di Sulawesi Tengah Akan Mati Total Pada 26-27 November

hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi palsu. Faktanya memang ada perbaikan yang akan menyebabkan jaringan internet di ruang lingkup OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Provinsi Sulteng diputuskan selama dua hari namun tidak berdampak pada penyedia jaringan lokal.

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1668964544.03078/singlefile.html

[KATEGORI] KONTEN PALSU

[NARASI]
“Sehubungan dengan perbaikan jaringan kelistrikan pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, makan akan dilakukan pemutusan jaringan Internet, Internet, serta colocation server pada hari Sabtu dan Minggu (26 s/d 27 November 2022) dan hal ini akan berdampak ke semua Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
Demikian surat ini disampaikan”

[PENJELASAN]
Beredar flyer di Facebook terkait informasi perbaikan jaringan kelistrikan pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah menyebabkan pemutusan jaringan internet selama 2 hari pada tanggal 26-27 November yang berdampak ke semua organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam flyer tersebut terdapat kop surat, nomor surat serta tanggal dibuat surat pada 15 November 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang beredar adalah hoaks. Dilansir dari akun Instagram buol_online, Diskominfo Sulawesi Tengah mengonfirmasi bahwa perbaikan yang akan menyebabkan jaringan internet di ruang lingkup OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Provinsi Sulteng diputuskan selama dua hari namun tidak berdampak pada penyedia jaringan lokal seperti Telkomsel, XL, Indosat, Indihome, dll.

Dapat disimpulkan informasi jaringan internet di Sulawesi Tengah akan mati total pada 26-27 November adalah keliru dan masuk kategori konten palsu.

[REFERENSI]
https://www.instagram.com/p/ClIN74WvhXI/?igshid=ZmRlMzRkMDU=