[SALAH] Ancaman Bahaya Jet Tempur NATO Terbang di Langit Jakarta

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Video yang diunggah menjelaskan Pemerintah Indonesia yang sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Irkut Corporation dari Rusia untuk memproduksi jet tempur Yak-130. Tidak ada informasi mengenai ancaman jet tempur NATO seperti yang dituliskan pada judul video.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1670337472.119453/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Indonesia dalam bahaya !! jet tempur NATO gentayangan langit Jakarta……”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TOPI MILITER mengunggah video dengan klaim Indonesia dalam ancaman bahaya, karena jet tempur NATO terbang di langit Jakarta.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, dalam video tersebut hanya menjelaskan mengenai penjajakan kerjasama produksi jet tempur Yak-130 antara Pemerintah Indonesia dengan Irkut Corporation dari Rusia.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menerima kunjungan Direktur Jenderal Irkut Corporation Andrey Boginskiy di Istana Kepresidenan Jakarta pada 3 November 2022. Pertemuan itu membahas kemungkinan kerja sama Irkut dengan PT Dirgantara Indonesia.

Dalam video tersebut juga menjelaskan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh jet tempur Yak-130. Tidak ada informasi mengenai ancaman jet tempur NATO seperti yang dituliskan pada judul video.

Selain itu, video dengan durasi lima menit tersebut merupakan potongan dari beberapa video mengenai jet tempur yang sebelumnya pernah diunggah. Salah satunya adalah cuplikan dari video kanal Youtube Rosoboronexport yang sudah diunggah lima bulan yang lalu.

=====

[REFERENSI]: