[SALAH] Wakil Presiden Republik Indonesia Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Saat ini Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, baru saja menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Indonesia Timur. Hingga saat ini tidak ada konfirmasi resmi dari Istana Negara mengenai meninggalnya Ma’ruf Amin seperti yang diinformasikan pada video yang beredar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1669886251.658605/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: INALILLAHI: Indonesia Kembali Berduka, Wapres Meninggal Dunia di RSPAD Jakarta

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Tribun Muda mengunggah video dengan klaim bahwa Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia meninggal dunia pada tanggal 29 November 2022 di RSPAD Jakarta.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut merupakan informasi yang salah. Video yang beredar tersebut merupakan potongan video dari meninggalnya BJ Habibie (mantan Wapres) dan Hartanto Sastrosoenarto (mantan Menteri Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara era kabinet Pembangunan VII). Terlihat dari cuplikan foto mantan Presiden SBY yang sedang melayat pada video tersebut.

Ma’ruf Amin baru saja menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ke wilayah Indonesia Timur yang dimulai sejak 28 November – 2 Desember 2022.

Dilansir dari merdeka.com, kunjungan Wapres tersebut berjalan lancar sesuai rencana dan tidak ada kendala.

Hingga saat ini, tidak ada konfirmasi resmi dari pihak keluarga maupun Istana Negara atas informasi meninggalnya Wakil Presiden seperti yang diinformasikan melalui video yang beredar tersebut.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/wapres-ma-ruf-amin-bersama-menteri-azwar-anas-resmikan-plut-pertama-di-papua-wujud-penguatan-rb-tematik-penanggulangan-kemiskinan-dan-peningkatan-investasi
– https://www.merdeka.com/peristiwa/wapres-maruf-kunjungi-papua-5-hari-ini-hasilnya.html