[SALAH] QATAR MENOLAK PENDARATAN PESAWAT TEAM SEPAK BOLA JERMAN YANG BERGAMBAR ATRIBUT LGBT.

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya pesawat Timnas Jerman tidak terbang menuju Qatar, melainkan ke Oman untuk pertandingan persahabatan. Timnas Jerman terbang ke Qatar dengan maskapai regional Oman Air yang mendarat di Doha pada Kamis, 17 November 2022.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[NARASI]: Qatar menolak pendaratan pesawat team sepak bola Jerman yang bergambar atribut LGBT. Pesawat pun menuju bandara Kerajaan Oman dan berganti pesawat lain tanpa atribut tsb…maa sya Alloh Baarokalloh fiikum untuk rakyat Qatar dan pemerintahnya

====

[PENJELASAN]:
Akun twitter bernama @eRS_AREMA021 membagikan sebuah cuitan disertai lampiran gambar dengan narasi yang menyatakan bahwa Qatar menolak pendaratan pesawat timnas Jerman yang bergambar atribut LGBT dan berganti pesawat lain yang tidak menggunakan atribut LGBT.

Melansir tempo.co, pesawat timnas Jerman tersebut tidak terbang menuju Qatar, melainkan ke Oman untuk pertandingan persahabatan melawan Oman pada Kamis, 17 November 2022, sebelum mengikuti Piala Dunia. Mereka terbang menumpangi pesawat Lufthansa bertuliskan Diversity Wins dan melakukan pergantian pesawat di Dubai.

Diversity Wins adalah pesan yang diusung maskapai Lufthansa untuk merujuk bagaimana budaya, olahraga, dan orang-orang, sebagaimana sepak bola mewakili banyak hal, tetapi keragaman adalah hal yang terpenting.

Pada Senin, 14 November 2022 pesawat timnas Jerman terbang dari Bandara Frankfurt Jerman menuju Muscat Training Center untuk pertandingan persahabatan melawan Oman pada Kamis, 17 November 2022.

Pesawat yang ditumpangi pemain, pelatih, dan staf Jerman bukanlah penerbangan sewaan mereka, melainkan penerbangan terjadwal bernomor LH632 dari Frankfurt ke Dubai, bukan Qatar. Ada banyak tamu di pesawat, tidak hanya tim Jerman.

Setelah pertandingan uji coba berakhir, Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan Lufthansa memutuskan untuk tidak menggunakan pesawat tersebut karena menghindari penerbangan kosong. Tim Jerman kemudian terbang dengan Oman Air, maskapai regional Qatar dan mendarat di Doha pada Kamis, 17 November 2022.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa Qatar menolak pendaratan pesawat timnas Jerman yang bergambar atribut LGBT adalah salah dan termasuk konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2048/keliru-pesawat-timnas-jerman-yang-bergambar-atribut-lgbt-dilarang-mendarat-di-qatar

https://headtopics.com/id/keliru-pesawat-timnas-jerman-yang-bergambar-atribut-lgbt-dilarang-mendarat-di-qatar-32052581