[SALAH] Presiden Perancis Mendapat Tamparan Lagi di Hadapan Publik

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya video yang dibagikan tersebut merupakan video lama sejak Juni 2021. Kabar terkait tamparan yang diterima Presiden Perancis sempat ramai diperbincangkan pada pertengahan tahun 2021, video yang dibagikan baru-baru ini pada November 2022 merupakan kejadian yang sama, bukan kejadian yang terulang lagi.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/629kd

= = =

Narasi:

“BREAKING: Macron gets another slapping from a member of the public.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang diklaim merupakan kejadian penamparan terhadap Presiden Perancis, Macron, yang terjadi lagi. Mengingat sempat ramai tersebar video penamparan terhadap Macron di hadapan publik menjelang pemilihan presiden pada 2021.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video yang dibagikan tersebut merupakan kejadian yang sama pada saat Macron mendapat tamparan dari masyarakat, hanya saja video tersebut diambil dari sudut pengambilan gambar yang berbeda. Video yang diklaim merupakan kejadian baru yang terulang lagi tersebut dipublikasi melalui channel YouTube BFMTV sejak 8 Juni 2021.

Penelusuran melalui Google juga tidak ditemukan pemberitaan yang valid terkait kebenaran bahwa Macron mendapatkan tamparan dari masyarakat lagi, hanya menampilkan pemberitaan lama yang dipublikasi pada Juni 2021. Dilansir dari BBC, penampar Macron pada saat itu merupakan menganut politik sayap kanan yang bertentangan dengan Macron. Ia dihukum penjara selama 18 bulan, dengan penangguhan hukuman 14 bulan.

Dengan demikian, Presiden Perancis mendapat tamparan lagi di hadapan publik merupakan hoax dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32QN2JP

https://www.reuters.com/article/factcheck-macron-slapped-idUSL1N32H1VE#:~:text=A%20clip%20of%20French%20President,president%20had%20been%20slapped%20again.

https://www.bbc.com/news/world-europe-57402753

https://www.bbc.com/news/world-europe-57424520

===

Editor: Bentang Febrylian