[SALAH] “JIKA RAKSASA ITU GAK ADA, LALU SIAPA YANG MENEBANG POHON INI?”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah. Faktanya adalah itu bukan gambar pohon yang ditebang raksasa, melainkan gambar gunung di wilayah yang berbeda-beda.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] https://archive.cob.web.id/archive/1669304083.387406/singlefile.html

=====

[NARASI] JIKA RAKSASA ITU GAK ADA, LALU SIAPA YGANG MENEBANG POHON INI?

=====

[PENJELASAN]

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna Dani Galuh Setiawan mengunggah sebuah video yang berisi tangkapan gambar dan memberi keterangan “jika raksasa itu tidak ada, lalu siapa yang menebang pohon ini”, video yang diunggah terdapat 4 foto yang berbeda-beda.

Berdasarkan hasil penelusuran klaim tersebut adalah salah. Video tersebut berisi foto gunung di berbagai wilayah yang berbeda, Gambar pertama adalah Jugurtha Tableland merupakan sebuah mesa besar di dekat kota Kalaat es Senam, Tunisia. Yang berdiri hampir 600 meter dia atas dataran Ez-Zhalma. Gambar yang kedua adalah Upper Table Rock dan Lower Table Rock merupakan dua dataran tinggi vulkanik yang terletak tepat di utara Sungai Rogue di Jackson County, Oregon, Amerika Serikat.

Gambar ketiga dan empat merupakan formasi batuan yang terletak di negara bagian Wyoming AS bernama Devils Tower , yang dinyatakan sebagai Monumen Nasional AS pertama pada tahun 1906, menurut situs nps.gov Devils Tower terbentuk dari batuan yang terbuat dari magma cair yang telah membeku.

Dengan demikian klaim jika raksasa itu tidak ada, lalu siapa yang menebang pohon ini, merupakan informasi yang tidak benar dan masuk ke kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4338951/cek-fakta-tidak-benar-devils-tower-adalah-pohon-purba-raksasa

https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Upper_and_Lower_Table_Rock?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc,sc

https://turnbackhoax.id/2022/01/07/salah-tunggul-pohon-silicon-raksasa-yang-ada-ribuan-tahun-lalu/