[SALAH] Gangguan Ginjal Akut Misterius Pada Anak Disebabkan Oleh Vaksin Covid-19

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Informasi tersebut salah. dr. Mohammad Syahril, Juru Bicara Kemkes RI menyatakan bahwa campuran senyawa etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirop sebagai penyebab utama gangguan ginjal akut pada anak.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“KASUS ANAK MENGIDAP
GAGAL GINJAL AKUT
Tolong Kepada Kemenkes dan BPOM
JANGAN MENGKAMBINGHITAMKAN
PARACETAMOL ! ! ! Anak Sehat
Sembuh Dari Sakit Demam Dengan

Paracetamol Aman DiKonsumsi
SEBELUM ANAK DIVAKSIN COVID19
BERSAMAAN KASUS GAGAL GINJAL
AKUT SUMBER PENYEBAB UTAMA
VAKSIN COVID19 ! ! ! AAR
Gagal Ginjal Akut pada Anak Terkait dengan Vaksin Covid-19

Selama rentang 2021-2022 ada DUA kasus Misterius
menyerang anak2 yg akibatkan kematian: 1) Hepatitis
2) Gagal Ginjal Akut.

Misteriusnya ini kr tidak ada satupun pihak yg mau
mengakui bhw kedua kasus ini berasosiasi dg VADE kr
Vaksin COVID19.”

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1668680640.548777/singlefile.html

=====
PENJELASAN:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyatakan bahwa gangguan ginjal akut misterius yang menimpa anak-anak merupakan efek dari vaksin Covid-19. Pada postingan tersebut juga menyatakan bahwa pemerintah menyalahkan paracetamol sebagai penyebab dari gangguan ginjal akut misterius yang menimpa anak-anak.

Namun setelah ditelusuri hal tersebut tidak benar. Melansir gatra.com, dr. Mohammad Syahril, Juru Bicara Kemkes RI mengatakan bahwa campuran senyawa etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirop sebagai penyebab utama gangguan ginjal akut pada anak.

Hal ini diketahui dari serangkaian penelitian yang dilakukan Kemkes bersama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), epidemiolog, dan ahli forensik bidang toksikologi terkait kasus gagal ginjal akut pada anak yang dimulai meningkat pada Agustus akhir, September, dan Oktober.

Melansir kontan.id, Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat tidak ada lagi penambahan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak-anak setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan 73 obat yang dilarang beredar.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Gangguan Ginjal Akut Misterius Pada Anak Disebabkan Oleh Vaksin Covid-19 adalah keliru, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://nasional.kontan.co.id/news/73-obat-berbahaya-dilarang-edar-bpom-tak-ada-lagi-kasus-baru-gagal-ginjal-misterius
https://www.gatra.com/news-558141-kesehatan-kemkes-eg-dan-deg-obat-sirop-penyebab-gangguan-ginjal-akut-misterius-anak.html