[SALAH] “Simpanan Emas 24 Karat Ratu Elizabeth, Yang Tersimpan Di Ruang Bawah Tanah”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah, faktanya Ratu Elizabeth sedang berkunjung ke Bank of England pada 13 Desember 2012, Bank of England menjelaskan bahwa klaim Bank of England milik keluarga kerajaan atau pribadi itu tidak benar.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] https://archive.cob.web.id/archive/1668916007.211266/singlefile.html

=====

[NARASI]

Simpanan Emas 24 Karat Ratu Eiizabeth, Yang Tersimpan Di Ruang Bawah Tanah

=====

[PENJELASAN]

Informasi yang salah, akun Tiktok bernama Pejuang Logam yang menyebarkan gambar dengan keterangan simpanan emas 24 karat milik Ratu Elizabeth yang tersimpan di ruang bawah tanah. Tangkapan gambar itu memang memperlihatkan Ratu Elizabeth seperti meninjau emas di sebuah ruangan.

Berdasarkan penelusuran, cuplikan gambar Ratu Elizabeth ll yang sedang memperhatikan benda yang mirip emas itu salah satunya diunggah situs penyedia foto, Getty Images. Foto tersebut diabadikan oleh fotografer Eddie Mulholland. Judul foto berita itu berbunyi, Ratu Elizabeth ll dan Duke of Edinburgh kunjungi Bank of England keterangan itu menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth ll sedang melihat tumpukan emas saat mengunjungi Bank of England bersama Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

Jadi, emas yang berada di dalam Bank of England bukanlah milik keluarga kerajaan atau Ratu Elizabeth. Kepemilikan saham Bank itu saat ini sepenuhnya dipegang oleh Treasury Solicitor atas nama HM Treasury.

=====

[REFERENSI]

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/30/09/2022/gudang-emas-bukan-milik-ratu-elizabeth-tapi-bank-of-england/