[SALAH] Elon Musk Ingin Beli Boyband BTS

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya video yang menunjukkan Elon Musk menyatakan akan membeli boyband BTS merupakan hasil rekayasa digital dan suara dapat dimanipulasi dengan AI melalui beberapa perangkat lunak seperti Overdub atau elontalks.com. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/Y5JX-EJ8R?type=standard

= = =

Narasi:

“Ketika Orang terkaya mau! Orang kaya mah bebas! Army akan melawan atau setuju pembelian BTS seharga 6 Milyar USD?”

Narasi dalam video:

“I want to buy BTS, they are very popular now. Dont you mind, Army?”

Terjemahan:

“Saya ingin membeli BTS, mereka sangat populer sekarang, Tidakkah kamu keberatan, Army?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan Elon Musk ingin membeli boyband BTS karena kepopulerannya, dalam video tersebut Elon Musk menanyakan pendapatnya kepada Army yang merupakan sebutan bagi penggemar BTS.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital termasuk gerakan mulutnya. Dilansir dari kompas.com, video tersebut direkayasa dari video wawancara Elon Musk dengan klub Tesla Owners Silicon Valley, hasil penelusuran tidak ditemukan Elon Musk berbicara seperti dalam video tersebut. Diketahui kita bisa mendapatkan suara Elon Musk berbicara apa pun yang kita inginkan dengan bantuan AI melalui beberapa aplikasi AI seperti Overdub atau elontalks.com.

Video Elon Musk berbicara ingin membeli BTS tersebut pertama kali dipublikasi oleh akun TikTok @become.some pada November 2021 tahun lalu. Setelah ditelusuri akun TikTok @become.some sering membagikan konten orang-orang terkenal yang berbicara tidak sesuai dengan video aslinya, kemudian pada bio akun TikTok tersebut ia mempromosikan sebuah aplikasi gratis yang bisa membuat selebriti siapa pun bisa mengatakan apa pun. Aplikasi tersebut adalah Overdub, ini berarti semua video konten yang ia bagikan tersebut dibuat melalui aplikasi Overdub.

Dengan demikian, Elon Musk ingin beli BTS merupakan hoax dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/12/131300782/-hoaks-video-pernyataan-elon-musk-berencana-beli-bts?page=all

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-6117705/cara-bikin-video-elon-musk-bicara-sesuai-keinginan-kamu-pakai-elontalks

https://elontalks.com/

https://overdub.app/

===

Editor: Bentang Febrylian