[SALAH] Foto Banjir Jakarta di Masa Pemerintahan Heru Budi Hartono

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Keempat foto tersebut telah beredar sejak tahun 2020 dan 2021, ketika Anies Baswedan masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, bukan ketika Heru Budi Hartono telah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur.
Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1668939219.957166/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“PLT Gub HERU Bukan Pilihan Rakyat
Tapi Pilihan BONEKA LUAR BIASA
Warga DKI jakarta same HERU
semuenye didepan Rumahnye Dibikinin
KOLAM RENANG. Motor & Mobil juga
Suruh Renang. Kata HERU Warga DKI
Biar Senang semuenye dibikinin
KOLAM RENANG.Tapi ANEH nye
CEBONG TIDUR semue🤣😁😁🤣”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “ArdhaniFariz” mengunggah empat buah foto yang menunjukkan kondisi banjir. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa seluruh foto tersebut merupakan foto kondisi banjir di DKI Jakarta setelah Heru Budi Hartono menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut telah beredar sejak tahun 2020 dan 2021, ketika Anies Baswedan masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto pertama dapat dilihat dalam artikel yang dimuat oleh situs viva.co.id pada 17 Mei 2021 dengan judul “Jakarta Tak Hujan Tapi Pondok Pinang Kebanjiran”. Foto kedua telah dimuat dalam artikel berjudul “Penampakan Mobil dan Motor Korban Banjir” yang diunggah oleh situs 100kpj.com pada 2 Januari 2020.

Sedangkan, foto ketiga merupakan foto sampul dalam artikel detikEdu yang berjudul “Apa Penyebab Banjir? Ini Jenis dan Cara Pencegahannya” dan diunggah pada 9 November 2021. Foto keempat juga telah dimuat dalam artikel Sindonews berjudul “Banjir Jakarta Timur-Bekasi Belum Teratasi, 3 Kota Ini Kompak Pertanyakan Kinerja Kementerian PUPR” yang diunggah pada 11 Maret 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “ArdhaniFariz” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.viva.co.id/berita/metro/1373037-jakarta-tak-hujan-tapi-pondok-pinang-kebanjiran

https://www.100kpj.com/foto/motonews/15-penampakan-mobil-dan-motor-korban-banjir

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5802735/apa-penyebab-banjir-ini-jenis-dan-cara-pencegahannya

https://metro.sindonews.com/read/361300/171/banjir-jakarta-timur-bekasi-belum-teratasi-3-kota-ini-kompak-pertanyakan-kinerja-kementerian-pupr-1615442599

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian