[SALAH] Video Hari Pertama PM Inggris yang Baru Melakukan Ritual Adat

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya video yang diklaim merupakan ritual yang dilakukan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru sebelum memasuki kantor barunya merupakan video lama sejak tahun 2020, pada saat itu Rishi Sunak sedang menyalakan lilin untuk memperingati hari Dipawali. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/YqMoW

= = =

Narasi:

“The new UK PM performing his spiritual/traditional rituals before entering his new office. We have largely abandoned ours.”

Terjemahan:

“PM Inggris yang baru melakukan ritual spiritual/adatnya sebelum memasuki kantor barunya. Kami besar telah meninggalkan tradisi kami.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang diklaim PM Inggris yang baru, Rishi Sunak, sedang melaksanakan kegiatan ritual adatnya sebelum memasuki kantornya yang baru, terlihat dalam video bahwa kantor tersebut merupakan Downing Street No. 10 tempat seorang PM Inggris berkantor dan tinggal di dalamnya.

Setelah ditelusuri, klaim untuk video tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan video lama pada saat Rishi Sunak menyalakan lilin di depan pintu Downing Street No. 10 untuk memperingati hari Dipawali tahun 2020, pada saat itu Rishi Sunak masih menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Boris Johnson. Tidak ada ritual resmi yang dilakukan Rishi Sunak pada hari pertama dirinya berkantor sebagai Perdana Menteri Inggris. Diketahui Rishi Sunak penganut agama Hindu sehingga melakukan kegiatan tersebut.

Dengan demikian, hari pertama PM Inggris yang baru melakukan ritual adat merupakan hoax dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/sunak-candles-video/

https://jateng.tribunnews.com/2022/10/25/profil-dan-agama-rishi-sunak-perdana-menteri-inggris-pertama-yang-berdarah-india-menantu-miliarder

https://id.wikipedia.org/wiki/Downing_Street_Nomor_10#:~:text=Downing%20Street%20No.%2010%20merupakan,tepat%20di%20atas%20lubang%20surat.

===

Editor: Bentang Febrylian