[SALAH] KABAR KONDISI IBU IRIANA TERKINI USAI TERPELESET, GIBRAN RAKABUMING KABARKAN KONDISI IBU

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Thumbnail dan narasi video tersebut tidak berhubungan. Faktanya thumbnail video dengan gambar Presiden Jokowi serta Gibran yang seolah-olah berada di ruangan rumah sakit dan seseorang berbaring di tempat tidur RS yang diduga Iriana Jokowi adalah gambar yang telah diedit.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[NARASI]: YA ALLAH :sob: KABAR KONDISI IBU IRIANA TERKINI USAI TERPELESET, GIBRAN RAKABUMING KABARKAN KONDISI IBU
#jokowi
#gibranrakabumingraka
#irianaterpeleset

====

[PENJELASAN]
Channel youtube bernama Kopi Gosip mengunggah sebuah video yang menampilkan thumbnail dengan gambar Presiden Jokowi serta Gibran yang seolah-olah berada di ruangan rumah sakit dan seseorang berbaring di tempat tidur RS yang diduga Iriana Jokowi dengan narasi seolah-olah ibu Iriana Jokowi sedang dirawat di rumah sakit dan meminta doa kepada penonton semoga Ibu Iriana Jokowi baik-baik saja.

Melansir suara.com, video tersebut berisi potongan dokumentasi video yang digabung menjadi satu. Menurut keterangan Gibran Rakabuming yang dibaca narator, memastikan kondisi sang ibunda dalam keadaan baik usai insiden jatuh dari tangga pesawat.

Walikota Solo itu membeberkan penyebab utama Iriana Jokowi terpeleset dari tangga diduga karena kelelahan. Iriana Jokowi hanya kecapean usai agenda Minggu-minggu ini terbilang sangat padat.

Selain itu, Gibran juga memastikan Iriana Jokowi dalam kondisi baik dan tidak mengalami cedera apapun usai insiden jatuh tangga pesawat.

Setelah ditelusuri, video dengan durasi 2.24 detik tersebut tidak menggambarkan kondisi Iriana Jokowi di rumah sakit usai insiden terpeleset itu. Gambar thumbnail pada video dipastikan hasil gambar yang telah diedit dan termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Referensi:

https://www.suara.com/news/2022/11/15/142504/cek-fakta-iriana-jokowi-terbaring-di-rumah-sakit-usai-terpeleset-di-tangga-pesawat-benarkah

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221114113037-20-873386/iriana-jokowi-terpeleset-di-tangga-pesawat-kondisinya-baik