[SALAH] Video “Allah melihat bagaimana orang Cina membuat telur”

Hasil SUNTINGAN dari video Mesin Pemecah Telur (Egg Separation Machine) yang dibuat berjalan terbalik (reverse playback). BUKAN isi Telur bergerak naik lalu cangkang Telur ditutup, FAKTA: cara kerja mesin tersebut adalah memecah cangkang Telur lalu isinya mengalir ke bawah untuk dipisahkan antara kuning Telur dengan putih Telur.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/hSTUo (arsip cadangan).

NARASI: “আল্লাহ দেখেন চাইনারী কিভাবে ডিম তৈরি করতেছে একটা লাইক দিয়ে সবাইকে দেখান”, Google Translate: “Allah melihat bagaimana orang Cina membuat telur”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya adalah hasil SUNTINGAN yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video Mesin Pemecah Telur (Egg Separation Machine) yang dibuat berjalan terbalik (reverse playback). BUKAN isi Telur bergerak naik lalu cangkang Telur ditutup, cara kerja mesin tersebut adalah memecah cangkang Telur lalu isinya mengalir ke bawah untuk dipisahkan antara kuning Telur dengan putih Telur.

Verifikasi Video

Isi Telur mengalir ke bawah, BUKAN ke atas. Selain karena faktor tarikan gravitasi, jalur yang dilalui isi Telur adalah besi dengan alur yang menurun, BUKAN conveyor belt yang memungkinkan isi Telur untuk dapat naik.

Referensi Lainnya yang Berkaitan

OVO-TECH di YouTube: “Pemecah telur RZ-1 memiliki dua mode pengoperasian: presisi dan cepat. Mode yang tepat harus digunakan untuk memproses telur dengan kualitas rendah. Putih telur seperti itu encer dan kuningnya sangat lemah. Pisau dalam mode presisi beroperasi dengan cara yang sangat ketat, memisahkan cangkang secara perlahan dan lembut, sehingga kuning telur mengalir keluar dari cangkang yang pecah dengan lembut sehingga meminimalkan jumlah kuning telur yang pecah. Mode cepat dirancang untuk memecahkan telur dengan kualitas yang baik. Bagian putih telur tersebut berbentuk gel dan kuning telurnya keras. Dalam mode ini, mesin beroperasi pada kapasitas maksimumnya. Selain itu, pemecah telur RZ-1 dilengkapi dengan pengaturan kecepatan yang mulus. Operator dapat menyesuaikan kecepatan operasi kapan saja dan dalam mode apa pun. Ketinggian pisau dan kekuatan pukulannya dapat disesuaikan yang berguna saat memecahkan telur dengan cangkang yang lemah. Pemecah telur RZ-1 dengan fungsi memisahkan putih telur dari kuning telur adalah model terkecil di antara pemecah telur OVO-TECH. Perangkat ini dilengkapi dengan pengumpan gravitasi dan satu set pisau pemecah telur. Metode memecahkan dan mengosongkan cangkang meniru pekerjaan tangan manusia dan menyebabkan kontaknya dengan isi cairan praktis tidak ada. Metode pemecahan telur paling higienis ini merupakan inovasi dari OVO-TECH.” [2]

Nevon Projects: “Cangkang telur kemudian dijatuhkan dengan mekanisme lengan di samping dan kembali ke dalam untuk memecahkan telur berikutnya. Sementara itu kuning telur dan cairan putih telur dipindahkan ke baki pemecah ke konveyor berlubang. Konveyor berlubang memungkinkan cairan putih telur mengalir ke bawah melalui slot sementara kuning telur meluncur ke bawah slot untuk dikumpulkan dalam wadah yang berbeda.” [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Pemecah telur baris tunggal RZ—1, dibuat di OVO-TECH Polandia” (Google Translate Chrome extension), https://archive.ph/YJvWS (arsip cadangan) / https://bit.ly/3WMZE1b (bahasa asli, English).

[3] nevonprojects.com: “Mesin Pemecah Telur & Pemisah Kuning Telur Otomatis” (Google Translate Chrome extension), https://archive.ph/ohxWW (arsip cadangan) / http://bit.ly/3htrPlN (bahasa asli, English).