[SALAH] Video “AUSTRALIA KAGET !! INDONESIA UJICOBA PESAWAT PENGEBOM”

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari (Anggota Tim Kalimasada).

Beredar video dengan klaim Indonesia melakukan uji coba pesawat pengebom, namun narasi yang dibacakan belum menginformasikan lebih lanjut mengenai pengoperasian pesawat ini oleh Indonesia.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1667528112.381476/index.html#output.pdf (TikTok)

=====

[NARASI]: AUSTRALIA KAGET !! INDONESIA UJICOBA PESAWAT PENGEBOM #beritaterkini #beritaviral #alutsistatni #loremiliter #militerindonesia

=====

[PENJELASAN]:

Beredar video tentang Pesawat C-130J Super Hercules yang dipesan oleh TNI Angkatan Udara. Video yang dibagikan oleh akun TikTok dengan username Lore Militer ini diberi judul “AUSTRALIA KAGET !! INDONESIA UJICOBA PESAWAT PENGEBOM”.

Dalam video tersebut, dibacakan narasi yang berisi informasi bahwa pesawat pesanan TNI AU tersebut sudah diluncurkan, namun belum ada informasi apakah peswat tersebut akan dilakukan uji coba atau tahap lainnya.

Setelah dilakukan penelusuran, Indonesia memang sudah memesan sebanyak 5 unit Pesawat C-130J Super Hercules kepada Lockheed Martin Aeronautics Company pada tahun 2018. Dikutip dari merdeka.com, Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa Hercules seri terbaru akan meningkatkan kemampuan TNI AU secara signifikan.

Sumber lain mengatakan bahwa Pesawat C-130J Super Hercules ini adalah pesawat transportasi dan kargo, bukan pesawat pengebom. Pesawat ini juga kerap digunakan untuk keperluan sipil dan bantuan kemanusiaan.

Rencananya, pengiriman Pesawat C-130J Super Hercules baru akan dimulai pada Februari 2023. Sehingga untuk saat ini Indonesia belum melakukan uji coba dan belum ada informasi lebih lanjut mengenai pengoperasian pesawat ini.

=====

[REFERENSI]:
– https://www.merdeka.com/dunia/intip-pesawat-c-130j-super-hercules-yang-baru-dibeli-tni-au-apa-saja-kehebatannya.html
– https://foto.tempo.co/read/101450/pesawat-c-130j-hercules-pesanan-indonesia-tiba-pada-awal-2023
– https://katadata.co.id/yuliawati/berita/63624ebf28308/tni-au-beli-5-pesawat-super-hercules-dari-as-tiba-2023
– https://en.m.wikipedia.org/wiki/Lockheed_Martin_C-130J_Super_Hercules