[SALAH] CNN News: “Climate Change will be back next summer”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hasil foto suntingan. CNN tidak pernah menulis berita dengan judul tersebut.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/SSRsS

=====

Narasi:

“What is the IQ of CNN’s audience?”.
“As temperatures cool this fall, it’s important to remember that climate change will be back next summer”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @UncleNestor22 mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan judul berita CNN News yang mengatakan bahwa perubahan iklim akan kembali saat musim panas mendatang. Di tangkapan layar tersebut, terlihat bahwa CNN menulis artikel tersebut pada 4 September 2022. Selain itu, pengguna Twitter tersebut menambahkan cuitan yang mengejek para pembaca CNN yang percaya dengan berita tersebut.

Cuitan dan tangkapan layar yang diunggah pada 7 September lalu tersebut telah disukai hampir 2,000 kali, serta telah dibagikan dan dikutip ulang oleh 500 orang.

Setelah dilakukan penelusuran melalui laman resminya CNN tidak pernah menulis berita dengan judul tersebut pada 4 September 2022. Selain itu, gambar yang digunakan di artikel tersebut juga tidak pernah muncul di laman berita CNN. Sumber asli dari gambar tersebut telah banyak tersebar di situs iFunny, di mana situs tersebut merupakan platform yang berisi kumpulan memes, video dan foto lucu.

Lebih lanjut, berita serupa pernah dibahas oleh AFP Fact Check dengan judul “Fake CNN Climate change story circulates online”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @UncleNestor22 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://archive.ph/ZpM8i


https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32JG8R4