[SALAH] “baru beberapa minggu sudah merasakan bahwa tugas Gubernur itu tidak gampang”

MENYESATKAN, peristiwa yang dibagikan di video terjadi SEBELUM Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas. FAKTA: Heru dilantik pada 17 Oktober 2022, sementara video yang dibagikan merekam peristiwa yang terjadi pada 6 Oktober 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/OEfIA (arsip cadangan dari Google Cache).

NARASI: “Berpuluh tahun jadi pejabat fungsional ngurus masalah teknis, harusnya punya pengalaman segudang..

Sekarang, baru beberapa minggu jadi Gubernur sdh merasakan bahwa tugas Gubernur itu tdk gampang.

Bagaimana Anies yg 5 tahun diganggu, difitnah dan dijegal dalam bertugas Heru..!”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: peristiwa yang dibagikan di video terjadi SEBELUM Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas. Heru dilantik pada 17 Oktober 2022, sementara video yang dibagikan merekam peristiwa yang terjadi pada 6 Oktober 2022.

Verifikasi Video

Video yang identik dengan yang dibagikan oleh SUMBER, KOMPAS.com pada 6 Oktober 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Akibat hujan deras kawasan Kemang, Jakarta Selatan direndam banjir.” [2]

Video lainnya yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 6 Oktober 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Akibat hujan deras kawasan Kemang, Jakarta Selatan direndam banjir.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google – News, kata kunci: “banjir kemang 6 oktober 2022” [4]

Google Street View, POP! Hotel Kemang [5]

Katadata pada 17 Oktober 2022: “Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pagi ini Senin (17/10) melantik Heru Budi Hartono sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Heru akan bertugas memimpin DKI Jakarta hingga akan melantik Pejabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta untuk masa jabatan paling lama 1 tahun.” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] kompas.com: “Direndam Banjir, Kawasan Kemang Belum Bisa Dilalui Kendaraan”, https://bit.ly/3TzZOXQ / https://archive.ph/7qBKe (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Direndam Banjir, Kawasan Kemang Belum Bisa Dilalui Kendaraan”, https://bit.ly/3sxZeOm / https://archive.ph/zAs2X (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3ziguuL / https://archive.ph/caWsC (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3DIxq0p / https://archive.ph/miPvc (arsip cadangan).

[6] katadata.co.id: “Sah, Mendagri Lantik Heru Budi Hartono jadi Pj Gubernur DKI Jakarta”, https://bit.ly/3TA8tcZ / https://archive.ph/eytzz (arsip cadangan).