[SALAH] Video Penimbunan Saluran Air dengan Karung Pasir

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Hoaks lama yang kembali beredar. Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta telah menjelaskan bahwa lubang dalam video tersebut bukan merupakan saluran air, melainkan merupakan manhole saluran utilitas yang perlu ditutup menggunakan karung pasir untuk menahan beban berat.
Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1665985162.940846/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“Kenapa saluran air yang sudah bagus dibangun oleh warga Jakarta bersama Pak Anis Kok malah diuruk dikasih berkalung-kalung pasir kok zalim banget sih”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “HabibMu50362599” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sekelompok orang tengah menurunkan karung-karung pasir ke dalam sebuah lubang. Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa lubang yang ditimbun oleh karung pasir merupakan saluran air.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho telah menjelaskan pada tahun 2020 lalu bahwa lubang dalam video tersebut bukan merupakan saluran air, melainkan manhole saluran utilitas. Manhole saluran utilitas sendiri memang perlu ditutup menggunakan karung pasir untuk menahan beban berat.

Narasi serupa pernah beredar pada Februari 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “sabobase kelakuan kubu sebelah” yang diunggah pada 26 Februari 2020.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “HabibMu50362599” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.ayojakarta.com/jakarta-pusat/amp/pr-76745088/Penjelasan-Viral-Video-Goronggorong-Ditimbun-Karung

https://turnbackhoax.id/2020/02/26/salah-sabobase-kelakuan-kubu-sebelah/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian