[SALAH]: Pesan Whatsapp Pengangkatan Tenaga Honorer Perawat dan Guru Tanpa Tes di Pemprov Yogyakarta

hasil periksa fakta Rahmah an.

Kepala BKD Provinsi DIY Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev., menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Pengumuman terkait kebijakan kepegawaian akan diumumkan melalui media resmi pemerintah.

======
[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: WHATSAPP

=====

[NARASI]:
“mohon izin saya Bapak Arif staf langsung dari (BKD) DIY

di infokan kepada guru dan pegawai yang belum lulus sertifikasi guru atau PPG dan kepada yang belum PNS diwajibkan menghubungi kepala BKD karena ada Jata bantuan untuk pengangkatan PNS atau untuk dibantu kelulusan PPG sertifikasi guru

Untuk info silahkan langsung hubungi KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) YOGYAKARTA DIY A/N. AMIN PURWANI S.H., M.Ec. Dev untuk melaporkan data/berkas yang dibutuhkan

Tlpn.387778388466 trimaksih”

======
[PENJELASAN]:
Beredar pesan Whatsapp terkait pengangkatan tenaga honorer perawat dan guru tanpa melalui tes di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam pesan menjelaskan para perawat dan guru honorer dapat diangkat langsung menjadi PNS hanya dengan menghubungi nomor Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DIY Amin Purwani.

Melansir dari akun Instagram resmi milik Pemprov DIY @kominfodiy, mengatakan bahwa informasi yang beredar adalah hoaks. Dalam unggahannya pihak Kominfo juga mengingatkan untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai modus penipuan. Segala bentuk informasi hanya diumumkan melalui kanal media resmi pemerintah/institusi terkait.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, pesan Whatsapp pengangkatan tenaga honorer perawat dan guru tanpa melalui tes di lingkungan Pemerintah Provinsi DIY adalah hoaks dan masuk kategori konten palsu.

======
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CjUJrA3vEWA/?igshid=NDRkN2NkYzU%3D&__coig_restricted=1

https://rri.co.id/lain-lain/55139/cek-fakta-pengangkatan-honorer-jadi-pns-tanpa-tes