[SALAH] Rektor UGM Akui Semua Kecurangan Ijazah dan Mengaku Dibayar oleh Jokowi

Informasi menyesatkan. Tidak ada informasi dari media manapun yang memberitakan bahwa Rektor UGM mengakui kecurangan Ijazah dan dibayar oleh Jokowi. Informasi dalam video sumber juga tidak terdapat pernyataan terkait klaim tersebut.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/NlOlA)

======
[NARASI]:


“pengakuan Rektor koplak”

======
[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter bernama sabya1141 mengunggah cuitan berupa tangkapan layar dari sampul video milik kanal Youtube PEJUANG MUDA. Dalam sampul tersebut terdapat foto rektor UGM, Ova Emilia tengah diinterogasi oleh pihak kepolisian. Selain itu terdapat narasi pada gambar “SAYA DI BAYAR PAK JOKOWI REKTOR UGM AKUI SEMUA KECURANGAN IJAZAH”.


Berdasarkan hasil penelusuran, menelisik pada video di kanal youtube tersebut tidak ada informasi yang menyatakan bahwa Rektor UGM mengakui kecurangan dan dibayar oleh Jokowi terkait ijazahnya.
Video tersebut berisi pernyataan Rektor UGM terkait keaslian ijazah milik Jokowi dan dinyatakan lulus dari universitas tersebut tahun 1985.

Dalam cuplikan video itu juga menampilkan pernyataan Bambang Tri Mulyono terkait permainan licik UGM dan gugatan yang dilayangkannya adalah pada ijazah SMA bukan ijazah kuliah.

Sementara itu, foto thumbnail pada screenshoot tersebut juga merupakan hasil suntingan. Menggunakan mesin pencarian gambar Yandex, ditemukan foto identik dengan yang digunakan pada thumbnail tersebut.

======

REFERENSI:
https://www.harianhaluan.com/news/pr-105221873/viral-muncul-video-rektor-ugm-mengaku-dibayar-soal-ijazah-jokowi?page=2


https://jogja.suara.com/read/2022/10/17/055000/ditantang-dokter-tifa-unggah-foto-wisuda-di-ugm-jokowi-bayar-lunas-bonus-foto-reuni-bareng-rekan-satu-fakultas


https://www.detik.com/jateng/berita/d-6341781/rektor-ugm-pastikan-ijazah-s1-jokowi-asli