[SALAH] “Perpisahan yang menakjubkan dan tidak pernah terjadi pada masa gubernur-gubernur bahkan kepala negara sebelumnya”

BUKAN acara perpisahan Anies Baswedan, FAKTA: video yang dibagikan adalah rekaman acara Jamda (Jambore Daerah) ke 3 YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) pada tanggal 7 sampai 9 Oktober lalu yang dilaksanakan di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/HRO45 (arsip cadangan).

NARASI: * “Perpisahan yang menakjubkan dan tidak pernah terjadi pada masa gubernur-gubernur bahkan kepala negara sebelumnya…❤️😍” (di post).

* “Antusias masyarakat dalam perpisahan gubernur DKI Jakarta anies Baswedan.!” (di dalam video).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]

SUMBER membagikan video dengan narasi yang konteksnya TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang SALAH. Video yang dibagikan BUKAN acara perpisahan Anies Baswedan, FAKTA: video rekaman acara Jamda (Jambore Daerah) ke 3 YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) pada tanggal 7 sampai 9 Oktober lalu yang dilaksanakan di Area Parkir Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.

Verifikasi Video

Salah satu rekaman dengan sudut pandang yang sedikit berbeda, Ibnu zig-zag di YouTube: “Indonesia Pusaka Rx king Di Jamda 3 YRKI DIY Jogja” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu rekaman dari suduh pandang lain, Adel GK di YouTube: “Saat Lagu Indonesia Pusaka Berkumandang di Jamda 3 YRKI DIY” [3]

Google Street View: “Special Region of Yogyakarta” [4]

Pengumuman acara, Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) di Facebook: “Prepare Now!!!

JAMBORE DAERAH 3
YAMAHA RX-KING INDONESIA (YRKI)
PENGPROV D.I. YOGYAKARTA

Area Parkir Stadion Maguwoharjo
Sleman Yogyakarta
7–9 Oktober 2022″. [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com, https://bit.ly/3SeErtE / https://archive.ph/Fmp2K (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Saat Lagu Indonesia Pusaka Berkumandang di Jamda 3 YRKI DIY”, https://bit.ly/3END6H4 / https://archive.ph/Rvo4O (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3MCOyYb / https://archive.ph/TB81r (arsip cadangan).

[5] facebook.com, https://bit.ly/3SeVGed / https://archive.ph/sUn8i (arsip cadangan).