[SALAH] Video “MENGEJUTKAN! PRABOWO MUNDUR DARI JABATANNYA!!TAK INGIN TERJERUMUS KEJALAN BUSUK JOKOWI”

BUKAN Prabowo Subianto. Video tersebut disunting dari video asli yang berisi pernyataan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani yang mengatakan, partainya telah menerima surat pengunduran diri dari Edhy Prabowo selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra pada November 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Kanal Youtube RADAR BERITA (youtube.com/channel/UCIF7hhsLizJ2eUY7qc4eC3w) pada 12 Oktober 2022 mengunggah sebuah video berjudul “MENGEJUTKAN! PRABOWO MUNDUR DARI JABATANNYA!!TAK INGIN TERJERUMUS KEJALAN BUSUK JOKOWI”

Sumber: archive.ph/32k22 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang berjudul “MENGEJUTKAN! PRABOWO MUNDUR DARI JABATANNYA!!TAK INGIN TERJERUMUS KEJALAN BUSUK JOKOWI” merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan Prabowo Subianto. Video tersebut disunting dari video asli yang berisi pernyataan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani yang mengatakan, partainya telah menerima surat pengunduran diri dari Edhy Prabowo selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra pada November 2020.

Video pernyataan Ahmad Muzani yang asli salah satunya diunggah di kanal Youtube KOMPASTV pada 28 November 2020 dengan judul “Gerindra Sudah Terima Surat Pengunduran Diri Edhy Prabowo.”

Di bagian keterangannya, KOMPASTV menulis narasi sebagai berikut:

“JAKARTA, KOMPAS.TV – Sekretaris Jenderal Partai Gerakan Indonesia Raya (Sekjen Partai Gerindra) Ahmad Muzani mengatakan, partainya telah menerima surat pengunduran diri dari Edhy Prabowo selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Ahmad Muzani menyebutkan bahwa surat itu kini telah diteruskan ke Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sekjen Partai Gerindra ini juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan menyerukan seluruh kader Gerindra di semua tingkatan untuk tetap kompak dan solid dalam menghadapi situasi sulit ini. Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan mundur dari jabatannya usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Edhy Prabowo terjerat kasus hukum dugaan suap penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur.”

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=5rt3hezZMVU (Arsip: archive.ph/1qvKn)
https://turnbackhoax.id/2020/12/13/salah-prabowo-mengundurkan-diri-dari-jabatannya/

About Adi 1394 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo