[SALAH] Video “BONGKAR BOROK ANIES WAKIL GUBERNUR OGAH DUKUNG ANIES NYAPRES”

Menggunakan judul umpan klik (click bait), isinya TIDAK sesuai dengan judul. BUKAN tentang Wakil Gubernur yang menolak untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres, FAKTA: video berisi pembacaan beberapa artikel dan potongan-potongan video dari berbagai sumber.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://bit.ly/3yWpben (arsip cadangan).

NARASI: * “BONGKAR BOROK ANIES❗WAKIL GUBERNUR OGAH DUKUNG ANIES NYAPRES⚡TERNYA GARA GARA INI❓” (di post)

* “OGAH MILIH

KETAUAN BOROKNYA
WAKILNYA BEDA JALAN” (di gambar pratinjau/thumbnail video).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN. Video yang dibagikan menggunakan judul umpan klik (click bait), isinya TIDAK sesuai dengan judul. BUKAN tentang Wakil Gubernur yang menolak untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres, FAKTA: video berisi pembacaan beberapa artikel dan potongan-potongan video dari berbagai sumber.

Verifikasi Video

Sumber potongan-potongan video yang digunakan,

CNN Indonesia: “Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, sekaligus wakil gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan pemecatan M Taufik dari partai gerindra masih bersifat rekomendasi dari hasil sidang majelis kehormatan partai.” [2]

2045 TV: “KPK terus bergerak, Nasdem gercep capreskan Anies !!” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Video dengan sudut pandang yang sedikit berbeda, metrotvnews: “Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menanggapi sinyal kesiapan Anies maju sebagai Capres 2024 mendatang. Riza Patria mengaku tak ingin mencampuri urusan politik pribadi Anies. Ia bahkan mempersilahkan jika ada partai Politik yang meminang Anies Baswedan untuk Pilpres” [4]

Artikel yang dibacakan di video, Liputan6.com: “Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara usai Partai NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Riza Patria: Pemecatan M Taufik Baru Rekomendasi MKP”, https://bit.ly/3EAXsn2 / https://bit.ly/3CR4frc (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Mazdjo Pray: NGAKAK GAK SIH ⁉️ ANIES CAPRES NASDEM, BUNG PALOH BICARA TOLERANSI (Oposisi69 FM #240)”, https://bit.ly/3RW81E / https://bit.ly/3ExzUzr (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Ditanya soal Anies Nyapres, Riza Mengaku Tak Ingin Ikut Campur Urusan Pribadi”, https://bit.ly/3SXX0n0 / https://bit.ly/3D0TAKZ (arsip cadangan).

[5] liputan6.com: “Anies Jadi Capres NasDem, Riza Patria Pastikan Tetap Dukung Prabowo”, https://bit.ly/3T8tw5S / https://bit.ly/3MueBk3 (arsip cadangan).