[SALAH] Foto “PEMBUAT IJAZAH PALSU DIAMANKAN, KESAKSIANNYA BIKIN JKW TERP0JOK !!”

BUKAN pembuat ijazah palsu. Foto asli di video itu adalah foto ketika Kapolda Sumatera Utara dan Pangdam I Bukit Barisan sedang merilis kasus penembakan yang menewaskan Marasalem Harahap di Mapolres Siantar pada 24 Juni 2021.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Udik Pelem (fb.com/100081220728371) pada 11 Oktober 2022 mengunggah sebuah video yang terdapat foto seorang polisi yang tampak menunjukkan foto ijazah dengan narasi sebagai berikut:

“PEMBUAT IJAZAH PALSU DIAMANKAN, KESAKSIANNYA BIKIN JKW TERP0JOK !!”

Sumber: archive.ph/6eUJI (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto seorang polisi yang tampak menunjukkan foto ijazah yang diklaim sebagai pembuat ijazah palsu yang ditangkap merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan pembuat ijazah palsu. Foto asli di video itu adalah foto ketika Kapolda Sumatera Utara dan Pangdam I Bukit Barisan sedang merilis kasus penembakan yang menewaskan Marasalem Harahap di Mapolres Siantar pada 24 Juni 2021.

Foto yang asli, dimuat di artikel berjudul “Kapolda Sumut Pimpin Press Rilis Kasus Penembakan Wartawan” yang dimuat di situs eksisnews.com pada 24 Juni 2021. Di foto ini, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin menunjukkan foto bukti terkait kasus penembakan yang menewaskan Marasalem Harahap (wartawan) di Kabupaten Simalungun.

REFERENSI
https://eksisnews.com/kapolda-sumut-pimpin-press-rilis-kasus-penembakan-wartawan/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo