[SALAH] Perbandingan Pertalite Lama dan Pertalite Baru yang Berubah Warna serta Lebih Boros

Hasil Periksa Fakta Alifia Nayla.

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, warna bukan parameter boros tidaknya Pertalite. Kualitas bahan bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah dan sesuai dengan spesifikasi, serta melalui pengawasan kualitas yang ketat.

===

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

===

SUMBER: https://archive.cob.web.id/archive/1664687660.104637/singlefile.html

===

NARASI:

“Perbandingan #Pertalite Yg Lama Dgn Yg Baru. Pantas #Boros Bangeettz,”

===

PENJELASAN:

Foto yang diunggah di grup Facebook Motuba oleh pengguna akun bernama Dhonjuan kini telah disukai lebih dari 1.600 kali. Dalam foto tersebut menunjukkan 2 botol air mineral 1,5 liter yang berisi cairan yang disebut oleh pengunggah sebagai Pertalite. Kedua cairan dalam botol tersebut memiliki warna yang beda yaitu berwarna hijau pekat dan agak terang, dalam postingan tersebut mengklaim bahwa adanya perbandingan Pertalite yang lama dan Pertalite yang baru sehingga lebih boros.

Faktanya, menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyebutkan bahwa warna bukan parameter boros tidaknya Pertalite. BBM yang disalurkan sudah melalui quality control dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan Pemerintah. PT Pertamina (Persero) juga menegaskan kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah.

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.Pertamina mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya. Masyarakat pun diimbau untuk mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor karena pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan.

Dengan demikian, postingan yang mengklaim Pertalite berubah warna dan lebih boros yang diunggah oleh akun Facebook Dhonjuan dapat diketegorikan konten yang menyesatkan.

===

Referensi:

https://m.liputan6.com/bisnis/read/5080349/stafsus-erick-thohir-pertalite-sekarang-lebih-boros-itu-hoaks?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=twliputan6https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/24/153100565/viral-foto-perbandingan-pertalite-lama-dan-baru-yang-disebut-lebih-boros?amp=1&page=2