[SALAH] Video “Kesaksian ibu-ibu penjual dawet atas tr.4gedi #Kanjuruhan

Kesaksian di video ini diragukan karena tidak ditemukan adanya warung dawet di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan. Pengecekan yang dilakukan melalui Google Street View dan cross-check langsung yang dilakukan pihak Aremania dan jurnalis Liputan6 tidak menemukan warung dawet yang dimaksud karena di sebelah Pintu 3 tersebut adalah toko-toko mebel yang menjual barang furnitur.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Acc (fb.com/100082503214082) pada 4 Oktober 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi “Kesaksian ibu-ibu penjual dawet atas tr.4gedi #Kanjuruhan”

Di video tersebut, terdengar suara seorang wanita yang mengaku memiliki warung dawet di sebelah Pintu 3 Stadion Kanjuruhan dan sedang berjualan pada malam tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022.

Sumber: perma.cc/F6VF-G6E9 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai kesaksian seorang wanita yang mengaku memiliki warung dawet di sebelah Pintu 3 Stadion Kanjuruhan dan sedang berjualan pada malam tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, kesaksian di video ini diragukan karena tidak ditemukan adanya warung dawet di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan. Pengecekan yang dilakukan melalui Google Street View dan cross-check langsung yang dilakukan pihak Aremania dan jurnalis Liputan6 tidak menemukan warung dawet yang dimaksud karena di sebelah Pintu 3 tersebut adalah toko-toko mebel yang menjual barang furnitur.

Dilansir dari Kompas.com, penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com menggunakan Google Street View menunjukkan bahwa tidak ada toko es dawet di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan. Dari dokumentasi Street View Maret 2022 toko-toko yang berada di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan adalah toko mebel.

Selain itu, Achmad Ghozali, salah seorang Aremania yang dihubungi Tim Cek Fakta Kompas.com juga mengatakan bahwa tidak ada toko penjual dawet di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan.

Beberapa orang bahkan melakukan penelusuran langsung dengan mengecek ke Stadion Kanjuruhan, seperti yang dilakukan oleh warganet pengguna TikTok kisya_arema. Dalam video yang diunggah di TikTok Senin, 3 Oktober 2022 warganet itu memperlihatkan bahwa di dekat Pintu 3 Stadion Kanjuruhan tidak ada toko dawet, melainkan toko mebel.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok viscka_salsa15 pada 4 Oktober, jurnalis Liputan6, David Rizal turut mencoba mencari keberadaan si ibu penjual dawet di sekitar stadion. Seorang pedagang di stadion yang diwawancarai oleh David pun menyatakan bahwa ibu penjual dawet tersebut tidak ada sama sekali dan disebut hoaks.

Dilansir dari Kumparan.com, reporter tugumalang.id berusaha mencari keberadaan toko atau gerobak penjual dawet ini di sekitar Pintu 3 pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Namun yang dijumpai di sisi kiri dan kanan pintu gate 3 hanya dijumpai toko-toko mebel yang menjual barang furnitur. Tidak ada sama sekali penampakan penjual dawet di sana sejak pagi hingga sore hari. Salah seorang pemilik toko mebel di sana, Joko (52) menuturkan sejak dirinya buka toko mebel di sana, tidak pernah sekalipun menjumpai penjual dawet.

”Kalau ada pun yang gerobak saja, hanya lewat. Itu juga laki-laki, bukan ibu-ibu. Setahu saya gak ada,” ujarnya.

Dari pengamatan reporter juga tidak memjumpai ada gerobak dawet satupun di sekitar pintu gate 3, maupun di sekeliling stadion.

”Gak ada, Mas. Gak pernah ada liat ibu-ibu jualan dawet di sini,” imbuh Joko setelah kami pastikan lagi.

REFERENSI
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/10/04/164726682/cek-fakta-kesaksian-penjual-dawet-soal-gas-air-mata-dan-aremania-mabuk
https://www.suara.com/news/2022/10/04/205809/cek-fakta-benarkah-kesaksian-ibu-penjual-dawet-di-stadion-kanjuruhan
https://kumparan.com/tugumalang/1yz8ANOnMmZ/
https://www.tiktok.com/@kisya_arema/video/7150317567825972506
https://www.tiktok.com/@viscka_salsa15/video/7150517858429046042

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo