[SALAH] Video “Akhirnya Penyidik Temukan Ruang Rahasia Ferdy Sambo | Berisi T4ng4n M4nusi4”

Tidak ada kaitannya dengan kasus Ferdy Sambo. Gambar penemuan kerangka manusia di video itu adalah penemuan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Super Maniak (fb.com/105984912117426) pada 22 September 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Akhirnya Penyidik Temukan Ruang Rahasia Ferdy Sambo | Berisi T4ng4n M4nusi4”

Sumber: archive.ph/hp3NN (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai penyidik yang menemukan ruangan rahasia Ferdy Sambo yang berisi tangan manusia merupakan klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada kaitannya dengan kasus Ferdy Sambo. Gambar penemuan kerangka manusia di video itu adalah penemuan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru.

Foto yang identik dimuat di artikel berjudul Fakta Temuan Kuburan Massal Kaum Elit Abad Ke-15 di Peru yang terbit di CNN Indonesia pada 22 November 2022.

Dilansir dari artikel ini, peneliti menemukan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru. Kuburan tersebut berisi sekitar 25 orang yang didominasi wanita. Kuburan massal tersebut berlokasi di provinsi Trujillo, Peru. Kuburan berisi wanita dan beberapa anak kecil serta remaja. Di dalam kuburan tersebut juga ditemukan peralatan tekstil, termasuk jarum, penggulung, dan kapur. Peneliti menemukan wanita-wanita ini terkubur dalam posisi duduk dengan kaki ditekuk, dan sebagian besar berusia di bawah 30 tahun.

REFERENSI
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211119185002-199-723632/fakta-temuan-kuburan-massal-kaum-elit-abad-ke-15-di-peru

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo